TSDN 2023 Cari Talenta Sains Data Terbaik di Bidang Keamanan

Kamis, 09 November 2023 – 10:40 WIB
Ilustrasi - Turnamen Sains Data Nasional 2022. ANTARA/Shutterstock/am.

jpnn.com, JAKARTA - Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2023 dibuka sejalan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023.

Turnamen Sains Data Nasional 2023 yang tahun ini di motori oleh Data Academy dengan ASDASI, mendapatkan dukungan penuh dari berbagai instansi. 

BACA JUGA: Pelajar & Mahasiswa Ditantang Unjuk Kebolehan di Turnamen Sains Data Nasional, Tertarik?

Momen Sumpah Pemuda menjadi pemacu penting untuk membangkitkan kembali semangat pemuda di setiap generasinya.

Antusiasme tinggi peserta turnamen ini terlihat, dari jumlah peserta yang mengikuti serangkaian acara pembukaan Turnamen Sains Data Nasional 2023 yang digelar secara daring, Sabtu (28/10).

BACA JUGA: Turnamen Sains Data Nasional 2021 Sukses Digelar

Turnamen Sains Data Nasional 2023 mengangkat tema tentang “Meningkatkan Keamanan Menggunakan Keilmuan Sains Data AI”.

TSDN tahun ini mengajak para pemuda sains untuk memperdalam ilmu data sains dan siap dalam menghadapi tantangan Data AI serta membantu para ahli untuk memecahkan masalah pada keamanan data. 

BACA JUGA: Cari Talenta Terbaik, Turnamen Sains Data Nasional 2023 Tawarkan Hadiah Fantastis

Acara dilanjutkan dengan sambutan pertama dari CEO Data Academy Luthfy Ardiansyah.

Dalam sambutannya belmenyampaikan bahwa tema keamanan data sains ini diambil agar para praktisi dan pemuda sains dapat bersama sama mencari solusi dan strategi untuk meningkatkan keamanan dengan implementasi data sains.

Wakil Ketua ASDASI Lily Surayya Eka Putri mengatakan bahwa kebutuhan data sains di Indonesia saat ini baru 50% dari yang dibutuhkan.

Sehingga, Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini diharapkan dapat memacu semangat para pemuda untuk terus belajar dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan sains data di Indonesia.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Brigadir Jenderal TNI Berty Beatus Willem Sumakud mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini.

“BSSN memiliki harapan yang besar bahwa acara TSDN 2023 ini akan menjadi tonggak tonggak untuk minat dan bakat pemuda sains sebagai agen perubahan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik” ujar Berty dalam sambutannya.

Asisten Deputi Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo juga menyampaikan dukungannya kepada para peserta Turnamen Sains Data Nasional.

Ia menjelaskan bahwa pentingnya data sains dalam pemerintahan sebagai alat untuk mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data.

"Untuk mencapai tujuan pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat untuk kemajuan bangsa," kata dia.

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko turut memberikan dukungannya kepada para peserta TSDN 2023 ini.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa keamanan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya para pengguna data sains.

"Pemerintah, organisasi, komunitas data sains, masyarakat harus berkolaborasi dalam meneliti keamanan data," ujar dia.

Dari sektor edukasi, hadir Marsekal Pertama TNI Dr Ir Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, selaku Rektor ITDA yang menyampaikan dukungannya kepada para peserta TSDN 2023.

Dia menyampaikan bahwa turnamen ini dapat menjadi wujud nyata dalam kontribusi untuk mendorong pengembangan sains data di Indonesia.

"Kami percaya, turnamen ini tidak hanya diuji untuk sains data saja, namun juga untuk menentukan inovasi inovasi baru dalam sains data,” ujarnya.

Gabriel Prayogo sebagai Brand Manager Pyfa Health juga menyampaikan dukungannya kepada para peserta.

Dia menjelaskan bahwa data is the new oil.

Karena itu, para peserta diharapkan dapat lebih mendalami ilmu data AI untuk masa depan yang lebih baik.

Di akhir sesi, terdapat sharing session terkait tata cara pendaftaran dan ketentuan mengikuti turnamen tahun ini.

Saat acara berlangsung tim peserta yang sudah mendaftar sudah lebih dari 300 tim dari seluruh Indonesia.

Diharapkan dengan adanya Turnamen Sains Data Nasional 2023 ini, mampu memberikan dampak baik pada kemajuan teknologi serta talenta yang mumpuni, yang mampu meningkatkan sistem keamanan siber dengan menggunakan keilmuan data science dan AI (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler