Lifeline Australia, yayasan yang memberikan pelayanan untuk membantu warga Australia yang mengalami krisis dalam hidupnya, meminta agar kasus bunuh diri ditetapkan sebagai bencana nasional. Tercatat rata-rata tujuh orang tewas bunuh diri setiap hari.


Gencarnya kampanye berkendara yang aman turut mengurangi angka kecelakaan lalu-lintas.
John Brogden, Direktur Utama dari Lifeline Australia, mengatakan prihatin karena tujuh warga Australia tewas bunuh diri setiap harinya.

BACA JUGA: Diduga Ada Ceramah Ekstrim Saat Jam Istirahat di Sejumlah SMA di Sydney

"Jumlah bunuh diri telah meningkat 20 persen dalam 10 tahun terakhir," ujar Brogden.

"Di periode yang sama, jumlah yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas telah menurun 25 persen menjadi 1.200 kasus pertahun. Jumlah ini kurang dari setengahnya dibandingkan kasus bunuh diri."

BACA JUGA: Inilah Rumah Pertama di Perth Gunakan Hampir 100 Persen Listrik Tenaga Surya

Angka ini diambil dari Biro Statistik yang mengumpulkan data penyebab kematian di Australia. Sementara cara pengumpulan data adalah melalui sertifikat kematian yang dikeluarkan dokter atau koroner, yang menginvestigasi kematian seseorang yang dianggap tidak lazim.

Data terbaru menunjukkan ada 2.522 orang yang memutuskan mengakhiri hidupnya di tahun 2013, meningkat dibandingkan di tahun 2004 yang berjumlah 2.098 orang.

BACA JUGA: Kemasan Obat di Australia Banyak yang Mirip Ancam Keselamatan Pasien

Biro Statistik Australia juga sebenarnya mengumpulkan data jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Tetapi Brogden menggunakan data yang disediakan oleh Biro Infrastruktur, Transportasi, dan Ekonomi Regional (BITRE) yang lebih sesuai dengan waktu kejadian.

Data tersebut termasuk jumlah kecelakaan di antara para pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Jumlah kecelakaan lalu lintas yang menewaskan telah menurun hingga 35 persen pada tahun 2004 hingga 2013.

Sementara itu Phil Batterham, dari Lembaga Kesehatan Nasional Australia dan Pusat Riset Medis mengatakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran soal keselamatan berlalu lintas telah menyebabkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas menurun.

Padahal beberapa dekade lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas yang mematikan lebih tinggi dari jumlah kasus bunuh diri.

Berikut data jumlah kematian akibat bunuh diri dari Biro Statistik Australia dan jumlah kecelakaan lalu lintas yang mematikan yang dikumpulkan oleh BITRE.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria Melbourne Gunakan Telepon dan Sandi Tutupi Rencana Tempur ke Suriah

Berita Terkait