Tunggu Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 dan Penetapan Formasi

Rabu, 11 April 2018 – 00:20 WIB
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Pendaftaran CPNS 2018 belum ada kepastian tanggal dan bulan kapan akan dibuka. Sejumlah pemda masih harap-harap cemas menunggu jawaban usulan formasi CPNS 2018 yang diajukan ke pusat.

Pemko Banjarmasin, Kalsel, misalnya, sudah mengusulkan 460 formasi CPNS 2018. Usulan formasi itu didominasi lowongan untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

BACA JUGA: Kapan Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka?

"Sekitar 190 formasi khusus untuk keperluan operasional Rumah Sakit Sultan Suriansyah," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Banjarmasin, Syafri Azmi, seperti diberitakan Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group).

Usulan diajukan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Namanya juga usulan, kementerian bisa menerima sebagian atau bahkan menolak seluruhnya.

BACA JUGA: Guru PNS Gajinya Besar, Jangan Asal Angkat dari Honorer

Namun, Syafri cukup optimistis. Mengingat patokan utama pemerintah pusat dalam menerima atau menolak usulan adalah kondisi APBD. Pos belanja langsung harus tetap lebih besar daripada belanja tidak langsung.

"Kalau belanja tidak langsungnya sudah di atas 50 persen, bakal sulit mengusulkan formasi CPNS," imbuh Azmi.

BACA JUGA: Berita Terbaru seputar Pendaftaran CPNS 2018

Jangan sampai belanja tunjangan pegawai mengalahkan belanja proyek untuk infrastruktur dan layanan publik. Menengok APBD 2018, belanja tidak langsung mencapai Rp778,3 miliar dan belanja langsung Rp840 miliar.

Selain tenaga kesehatan, usulan formasi juga didominasi lowongan guru. Mencapai 200 lowongan lebih. Ini guna menutupi kekurangan tenaga pengajar di Banjarmasin. "Tahun kemarin saja hampir 200 guru PNS yang pensiun," terangnya.

Banjarmasin terakhir kali mendapat jatah formasi CPNS pada tahun 2014 lalu. Itu pun tak banyak, hanya 59 formasi. Moratorium penerimaan CPNS memang diterapkan pemerintah pusat untuk menahan membengkaknya belanja gaji dan tunjangan pegawai.

Sejak itu, jumlah pegawai pemko terus berkurang. Dari hampir 8 ribu, kini tersisa sekitar 5.900 pegawai. Selain faktor kebutuhan pemko, kementerian memang mengisyaratkan usulan daerah agar fokus hanya pada tiga sektor. Kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. "Di luar itu berat untuk dikabulkan," tukasnya.

Lantas, kapan kepastian jumlah formasi CPNS itu diperoleh? Azmi menjawab, paling cepat bulan Mei dan paling lambat Juni. "Tapi biasanya sebelum pengumuman jatah formasi ada undangan rapat koordinasi nasional dulu," pungkasnya. (fud/at/nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beredar Juknis Palsu Syarat Pemberkasan CPNS dari Honorer


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler