Turki Mencekam, Tim SAR Ogah Lanjutkan Pencarian Korban Gempa

Minggu, 12 Februari 2023 – 07:11 WIB
Petugas penyelamat terus mencari korban yang terperangkap di bawah reruntuhan di Turki. (AP: Ismail Coskun)

jpnn.com, ANKARA - Dua organisasi kemanusiaan Jerman menangguhkan operasi penyelamatan di wilayah terdampak gempa Turki karena mengkhawatirkan keselamatan personel mereka pada Sabtu (11/2).

Laporan dari lapangan menyebutkan terjadinya bentrokan antara kelompok orang dan baku tembak.

BACA JUGA: Menlu Retno Keluarkan Instruksi, Dubes RI untuk Turki Pindah Kantor ke Adana

SAR Internasional (ISAR) dan Badan Bantuan Teknis Federal (THW) mengatakan mereka akan melanjutkan pekerjaan mereka segera setelah badan perlindungan sipil Turki, AFAD, mengklasifikasikan situasi aman.

Manajer Operasi ISAR Steven Bayer mengatakan keamanan di lokasi makin memburuk seiring berlalunya hari sejak terjadinya bencana, fenomena yang kerap terjadi dalam situasi semacam ini.

BACA JUGA: KBRI Belum Bisa Memastikan Nasib 1 WNI di Area Gempa Turki

"Itu sebagian karena fakta bahwa makanan sekarang habis, pasokan air habis, dan kemudian orang-orang keluar mencari makanan dan air," katanya, berbicara di sebuah kamp pekerja penyelamat di kota Kirikhan.

"Hal kedua adalah harapan yang dimiliki orang-orang kini semakin memudar, dan harapan itu kemudian bisa berubah menjadi kemarahan."

BACA JUGA: Dua WNI Jadi Korban Gempa Turki-Suriah, Sekeluarga 

Bayer sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok tersebut akan tetap berada di kamp bersama dengan THW untuk saat ini, tetapi menambahkan bahwa organisasi tersebut akan segera siap membantu jika ada indikasi orang yang selamat.

"Ada peningkatan laporan bentrokan antara kelompok yang berbeda, dan tembakan dikatakan telah dilepaskan," kata ISAR kepada Reuters melalui email.

Otoritas Turki belum melaporkan bentrokan di wilayah yang dilanda gempa, tetapi Presiden Tayyip Erdogan mengomentari situasi keamanan umum pada hari Sabtu, mencatat bahwa keadaan darurat telah diumumkan dan telah terjadi beberapa penjarahan.

Artinya, mulai saat ini, orang-orang yang terlibat dalam penjarahan atau penculikan harus tahu bahwa tangan tegas negara ada di punggung mereka, katanya saat berkunjung ke wilayah tersebut.

Unit Penanggulangan Bencana Pasukan Austria (AFDRU) - juga sempat menghentikan operasi pada hari Sabtu dan kemudian dilanjutkan, dengan juru bicara Kementerian Pertahanan Michael Bauer men-tweet bahwa tentara Turki telah mengambil alih perlindungan kontingen AFDRU.

Sekitar 82 petugas penyelamat dari angkatan bersenjata Austria telah berada di Antakya, Turki, sejak 7 Februari dan ahli mereka telah membebaskan sembilan orang dari puing-puing.

Swiss mengatakan sedang memantau dengan cermat situasi keamanan di Hatay dan langkah-langkah keamanan telah ditingkatkan.

Swiss telah mengirim 87 spesialis dan 8 anjing untuk membantu operasi penyelamatan, dan sejauh ini telah menemukan 11 orang, termasuk dua bayi sejak tiba pada Selasa. Tim tambahan beranggotakan 12 orang dikirim pada hari Jumat. (ant/dil/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler