Tutup Pertamina SMEXPO Bandung 2024, Pertamina Patra Niaga Regional JBB Raih Transaksi Ratusan Juta

Selasa, 10 September 2024 – 17:47 WIB
Penyelenggaraan Pertamina SMEXPO merupakan salah satu dukungan pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Pertamina. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, BANDUNG - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menutup rangkaian pameran Pertamina SMEXPO (Small Medium Enterprise Expo) Bandung 2024 pada Minggu (8/9).

Pameran yang merupakan kota ketiga dari rangkaian roadshow Pertamina SMEXPO Regional 2024 ini diikuti oleh 20 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) terpilih dari wilayah Provinsi Jawa Barat yang merupakan binaan Pertamina Grup dengan berbagai sektor usaha seperti: kuliner, kerajinan (craft), fashion dan wastra.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Mengapresiasi Kesetiaan Lion Air Group

Pameran ini berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu, 6-8 September 2024 di Cihampelas Walk Bandung, Jawa Barat.

Area Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan menjelaskan Pertamina SMEXPO Bandung merupakan upaya Pertamina dalam memberikan kesempatan bagi pelaku UMK di wilayah Jawa Barat, khususnya yang telah menjadi binaan Pertamina Group untuk mengembangkan bisnis dan memasarkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat luas, sehingga produk lokal bisa menjadi semakin dikenal dan berjaya.

BACA JUGA: Semester II 2024, Jasindo Optimistis Lanjutkan Tren Pertumbuhan Positif

"Kami ingin memberikan ruang bagi UMK binaan Pertamina untuk dapat memasarkan produk unggulannya ke pasar yang lebih luas di masyarakat. Melalui Pertamina SMEXPO ini, kami juga berharap agar UMK Binaan Pertamina dapat semakin berkembang secara bisnis, dikenal dan mampu bersaing tidak hanya di level lokal atau regional namun juga secara nasional bahkan di pasar global," ujar Eko.

Adapun produk UMK yang dipamerkan dalam SMEXPO Bandung ini meliputi UMK yang berasal dari binaan yang mendapatkan penyaluran dana pinjaman PUMK (Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil) Pertamina, peserta UMK Academy, hingga UMK binaan program CSR Pertamina yang berada di wilayah Regional JBB yang bergerak di bidang Kuliner (seperti kopi, olahan mangga, makanan ringan khas Jawa Barat, makanan sehat, serta obat-obatan herbal). Untuk bidang kerajinan (craft), terdapat produk UMK seperti permainan anak edukatif, aksesoris, hingga kerajinan kulit.

BACA JUGA: Pertamina Percepat Dukungan Perhutanan Sosial dengan 13 Perjanjian Kerja Sama Baru

Sementara itu di bidang fashion dan wastra, terdapat produk rajut, bordir, kain dan batik khas Jawa Barat, pakaian muslimah, hingga olahan karung goni yang dijadikan produk kreatif serta bernilai seni dan guna tinggi.

"Produk-produk yang dihasilkan oleh UMK mitra binaan Pertamina di Jawa Barat memiliki kualitas yang sangat baik mulai dari desain produk hingga manfaat penggunaannya. Selain itu, dalam produksinya UMK ini juga menggerakkan perekonomian sekitar dan bahkan memberdayakan kelompok rentan seperti Merajut Asa Kita yang menggerakkan kelompok disabilitas di wilayah Binong, Bandung," tambah Eko.

Melalui berbagai program pembinaan untuk UMK, para pelaku UMK yang ada di Jawa Bagian Barat tidak hanya diberikan pelatihan, bantuan akses pendanaan, namun juga dapat menjangkau pembeli yang lebih luas melalui pameran SMEXPO.

“Mudah-mudahan kami bisa membuat usaha mereka jauh lebih maju sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian khususnya di Jawa Barat dari Kota Bandung,” harap Eko.

Selama tiga hari, Pertamina SMEXPO Bandung 2024 berhasil mencatatkan omset mencapai Rp179,8 juta, baik dari penjualan ritel selama pameran maupun orderan dari pelaku bisnis yang didapat oleh UMK saat pameran.

Selain peningkatan penjualan, UMK peserta juga mendapatkan tambahan ilmu dari kegiatan talkshow maupun workshop dan dilaksanakan selama pameran berlangsung.

Rosita, pemilik usaha Monalisa Collection yang merupakan salah satu UMK binaan Pertamina mengungkapkan bahwa sejak bergabung menjadi binaan beberapa tahun yang lalu, dia merasakan banyak kemudahan, terutama dalam mencari pembeli. Melalui berbagai kegiatan, termasuk pameran yang memperkenalkan produk kerajinan fashion berbahan karung goni, Rosita melihat bahwa adanya peningkatan terhadap pesanan produk seperti tas, sepatu dan pakaian.

“Saya berterima kasih karena semenjak bergabung dengan Pertamina usaha saya semakin maju dan berkembang. Selain mendapat banyak pelatihan, saya juga dapat kesempatan mengikuti pameran seperti ini sehingga produk kami menjadi lebih dikenal,” ucap Rosita.

Selain dilaksanakan di Bandung, Pertamina SMEXPO 2024 tingkat regional juga telah diselenggarakan di Kota Palembang dan Yogyakarta.

Selanjutnya, akan digelar di kota Makassar dan Bandar Lampung. Setelah itu sebagai penutup, juga akan dilaksanakan Pertamina SMEXPO 2024 tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Oktober mendatang.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AP I dan AP II Merger jadi InJourney Airports, Bakal Kelola 37 Bandara


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler