Ubaya dan Unair Buka Peluang Kawinkan Gelar LIMA Basketball EJC 2019

Rabu, 31 Juli 2019 – 01:30 WIB
Laga LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference Season 7. Foto: LIMA

jpnn.com, MALANG - Tim basket putra dan putri Universitas Surabaya (Ubaya) berpeluang mengawinkan gelar juara LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference Season 7.

Mereka berhasil melaju ke final setelah menekuk lawan-lawannya pada semifinal di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Selasa (30/7).

BACA JUGA: LIMA Basketball: Putri Unair Hancurkan Universitas Merdeka 103-18

Ubaya mengawali keberhasilan tersebut dari sektor putri yang menekuk  Politeknik Negeri Malang (Polinema) dengan skor 78-25. 

BACA JUGA: LIMA Basketball: Putri Unair Hancurkan Universitas Merdeka 103-18

BACA JUGA: Tim Putri Unika Soegijapranata Juara LIMA Basketball: Kaskus CJYC Season 7

Meski menang telak, tak berarti tim putri bisa menang dengan mudah. Polinema memberikan perlawanan ketat.

Ubaya mencetak dua poin terlebih dahulu di menit awal lewat tembakan Christine Aldora Tjundawan.

BACA JUGA: ITHB Kawinkan Gelar Juara LIMA Basketball WJC 2019

Polinema menyusul dengan three-point yang dilesatkan Lydia Maulida Zahra. Kuarter pertama berakhir dengan keunggulan Ubaya dengan skor 23-6.

Di kuarter kedua, Polinema berhasil menambah poin lewat lemparan bebas yang mereka peroleh dari pelanggaran lawannya.

Polinema tetap berusaha memberikan perlawanan. Namun, keunggulan Ubaya bertahan hingga laga usai. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Ubaya di skor 78-25.

Dengan hasil tersebut, Ubaya, yang sudah lima kali meraih gelar LIMA Basketball: McDonald’s East Java Conference akan menuju ke babak final .

“Kami tetap optimistis dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Kami tidak pernah mencanangkan target. Kami justru ingin para pemain dapat bermain dengan santai dan menikmati permainan. Kalau cara bermain sudah santai, kemenangan pasti akan datang,” kata asisten pelatih Ubaya Sapto Wahyu Purnomo.

Sementara itu, pelatih Polinema, Eddy Santoso berpendapat timnya memiliki peluang untuk meraih peringkat ketiga.

“Namun, saya tidak membebankan para pemain. Yang terpenting adalah para pemain berusaha semampu mereka. Mereka masih berproses. Saya berterima kasih kepada para pemain karena sudah mau berusaha dengan maksimal hingga saat ini.” ujarnya.

Di sisi lain, kemenangan tim putra Ubaya atas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tak lepas dari sumbangan poin dominan dan dua andalan mereka  Christopher Jason Winata dan Very Kurniawan.

Dari 83 poin yang dicetak Ubaya, Christopher menyumbang 15 angka dengan efisiensi 27.

Dia juga melakukan rebound sebanyak 15 kali. Very mencetak 13 poin dengan efisiensi 23. Pemain bernomor punggung sembilan tersebut melakukan 13 kali rebound.

Ubaya mengawali keunggulan lewat lay-up Habib Titoaji. Di menit kedua, UMM menyusul lewat lemparan Ryan Chandler Kusworo.

UMM terus menekan Ubaya lewat penetrasi ke dalam pertahanan lawannya. Namun, Habib dkk terus memperlebar jarak keunggulan hingga kemenangan berada di tangan mereka. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Ubaya di skor 83-46.

 “Kami tidak mau kecolongan seperti pertandingan di babak penyisihan. Karena itu, kami memperbaiki pertahanan dan tidak memberikan kesempatan kepada lawan untuk mencuri poin. Para pemain juga sudah menunjukkan kemajuan. Di final kami akan berusaha untuk menjadi juara.,” ujar pelatih Sapto Wahyu Purnomo.

Sementara itu, Nur Cahyo selaku pelatih UMM mengaku sudah memprediksi hasil pertandingan.

“Dari segi persiapan dan pemain, mereka memang di atas kami. Harapan saya ingin memenangi pertandingan perebutan peringkat ketiga. Namun, saya tidak mau para pemain terbebani. Saya hanya ingin mereka bermain dengan lepas,” katanya.

Di partai final Rabu (31/7),  putri Ubaya akan ditantang Universitas Airlangga  (Unair) yang di pertandingan lain menang atas Universitas Negeri Malang dengan skor 82-23.

Sementara itu, tim putra juga bersua Unair yang di laga mereka sukses mengandakan perlawanan tim Universitas Brawijaya Malang dengan skor 66-47. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 18 Tim Ramaikan LIMA Basketball West Java Conference


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler