Ucapan Xanana Gusmao Dipelintir Dinilai Pelintiran

Sabtu, 11 Oktober 2014 – 18:24 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kehadiran Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao dalam peringatan hari ulang tahun TNI beberapa waktu lalu cukup mengundang polemik. Lantaran, segelintir media massa menulis Xanana berniat kembali bergabung dengan Indonesia.

Namun, dari penelusuran, diketahui bahwa ada kesalahan dalam mengartikan bahasa oleh salah seorang wartawan media online. Dari hasil rekaman, didapati bahwa yang mewawancarai Xanana pun wartawan televisi nasional.

BACA JUGA: Terima Suap, Jabatan Kepala Eksekutif Hongkong Terancam

Pemerintah Timor Leste dan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin juga meluruskan pemberitaan yang ada. Intinya, Xanana tidak sepatah kata pun menyebut ingin kembali ke Indonesia.

"Ya, artinya pada pokok Xanana yang menjadi sumber. Kalau dia mengatakan tidak benar maka itu jelas dipelintir," ujar praktisi pers Leo Batubara ketika dihubungi wartawan, Jumat malam (10/10).

BACA JUGA: Dua Negara, Dua Agama, Dua Generasi, Satu Nobel

Dia menyayangkan, keteledoran yang dilakukan oknum wartawan. Seharusnya, prinsip cek dan ricek dijalankan wartawan maupun media yang menayangkan pemberitaan tersebut.

"Artinya, sumber berita yang memberitakan itu keliru menangkap berita. Mestinya harus mengecek kepada yang bersangkutan," kata Leo.

BACA JUGA: Pasien Ebola Pertama AS Temui Ajal

Menurutnya, ketika hal itu menjadi persolan harus dibawa ke Dewan Pers. Dengan tujuan agar mengetahui asal muasal berita yang didapat. Lantaran, patut diduga pula adanya unsur kesengajaan.

"Ya, artinya media bisa dibawa ke Dewan Pers. Di situ dilihat dari mana dia dapat berita tersebut karena itu sudah melanggar kode etik. Jadi, si media itu harus diverifikasi, kebenaran itu logis apa tidak," tegas Leo yang juga mantan wakil ketua Dewan Pers.

Diketahui, sejumlah media massa online memberitakan bahwa ada keinginan Timor Leste kembali ke Indonesia lewat pernyataan Xanana Gusmao. Dalam penelusuran, didapati bahwa terdapat kesalahan penerjemahan bahasa oleh wartawan yang mewawancari Xanana.

Salah seorang wartawan media online salah mengartikan kata we won't dengan we want. Sayangnya, sang wartawan mengaku tidak memiliki bukti rekaman hasil wawancara. (rmo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemulangan Jenazah Mayang Tunggu Tes DNA


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler