Ulasan Uji Coba Formula 1 di Barcelona (2-Habis)

Tercepat Bukan Jaminan Pekerjaan

Jumat, 21 November 2008 – 13:23 WIB
BERAKHIR sudah ''audisi'' tiga hari untuk memperebutkan kursi balap Formula 1 2009Honda, Toro Rosso, dan Force India sekarang tinggal melakukan evaluasi dan menentukan pilihan

BACA JUGA: CLS Full Team ke Turnamen IBL

Siapa bakal selamat?

Sembilan di antara sepuluh tim Formula 1 turun di Barcelona, Spanyol, 17 hingga 19 November lalu
Hanya Toyota yang absen

BACA JUGA: Oden Puaskan Fans Blazers

Selama tiga hari, mereka melakukan berbagai macam uji coba
Ada yang menjajal perangkat aerodinamika baru, ada yang murni menjajal ban polos, ada pula yang menggunakan kesempatan itu murni untuk mengevaluasi pilihan pembalap 2009.

Di antara semua, evaluasi pembalap paling menarik diikuti hasilnya

BACA JUGA: Dua Gelar Roy Terancam Lepas

Honda mencoba memilih antara Bruno Senna dan Lucas di GrassiToro Rosso mengadu kemampuan Sebastien Bourdais, Sebastien Buemi, dan Takuma SatoForce India juga melihat kemampuan Pedro de la Rosa, yang disebut-sebut bakal menggeser Giancarlo Fisichella tahun depan.

Setelah tiga hari latihan, dan masing-masing pembalap mendapat kesempatan menunjukkan kemampuan, yang bernapas lebih lega adalah Bruno Senna, Takuma Sato, dan Sebastien BuemiMeski belum ada kepastian, jangan heran kalau ketiganya tampil di grid F1 2009.

Senna, keponakan mendiang Ayrton Senna, tampil sangat meyakinkan pada uji coba hari terakhir, Rabu lalu (19/11)Dia melahap 107 lap, mencatat waktu terbaik 1 menit dan 21,676 detikMasih jauh dari pembalap-pembalap tercepat, tapi sekitar setengah detik lebih baik dari catatan Di Grassi.

Kecepatan itu, ditambah nama keluarga yang sangat marketable, membuat Senna sebagai unggulan pembalap kedua Honda, menemani Jenson Button tahun depan.

Meski demikian, Senna tak mau takabur duluDia mengaku sangat menikmati uji coba ini, merasa telah menemukan progres sepanjang uji cobaNamun, itu belum tentu berbuah kursi balap''Apakah yang saya lakukan sudah cukup, itu keputusan tim dan saya menghormatinyaTapi, bagi saya pribadi, saya senang dengan apa yang telah saya lakukan,'' ucap pembalap 24 tahun itu.

Kubu Honda juga tak mau cepat-cepat menilai''Lucas dan Bruno sama-sama telah tampil baikAntusiasme serta komitmen yang mereka tunjukkan membuat kami senang bekerja bersama merekaSekarang, kami akan mempertimbangkan secara hati-hati hasil uji coba ini sebelum membuat kesimpulan,'' papar Ross Brawn, principal Honda.

Di kubu Toro Rosso, pembalap lama Sebastien Bourdais sebenarnya tampil paling cepat selama tiga hariSayang, itu mungkin tidak cukup baginya untuk memperpanjang karir di F1.

Takuma Sato dan Sebastien Buemi telah menunjukkan kecepatan cukup, dan mereka punya faktor pendukung lainSato karena punya dukungan sponsor, Buemi karena sudah dibina Red Bull (pemilik Toro Rosso) selama beberapa tahun.

Setelah uji coba, Sato sudah mengungkapkan betapa senangnya dirinya bersama Toro RossoBahkan, dia bilang mobil Toro Rosso merupakan salah satu mobil terbaik yang pernah dia kendarai di F1''Sekarang kami punya peluang (untuk bergabung)Dengan lingkungan ini, dengan atmosfer tim yang begitu baik, membalap untuk mereka tahun depan adalah mimpi yang jadi kenyataan,'' ungkap Sato, 31, yang terakhir membalap untuk Super Aguri.

Mengenai sponsor, Sato tak mau blak-blakan bilang ''beli kursi''''Terus terang saya tak punya cashTapi, saya dengan senang hati akan membantu membawa sponsorSebab, kalau kita menambah uang, tim akan menjadi lebih kuat,'' tuturnya.

Buemi sendiri lebih percaya diriPihak manajemennya sudah pernah bilang bahwa status pembalap Swiss itu tinggal formalitasUsai uji coba, Buemi bilang Toro Rosso segera membuat keputusan.

''Kami rasa keputusan itu segera tibaBagi sebuah tim, sangat penting untuk membuat keputusan secepat mungkin, lalu membuat program latihan bersama pembalap pilihan sebelum Natal,'' ujarnya.

Situasi lebih ''abu-abu'' ada di Force IndiaUji coba di Barcelona ini merupakan yang terakhir bagi mereka menggunakan mesin FerrariSetelah ini, semuanya pakai mesin Mercedes-BenzYang perlu ditunggu, pembalap mana bakal mengendarai paket baru ituApakah masih Adrian Sutil dan Giancarlo Fisichella, atau Adrian Sutil dan Pedro de la Rosa.

Pada hari terakhir uji coba, Fisichella menunjukkan diri lebih cepat dari De la RosaTapi, sekali lagi, kecepatan belum tentu segalanya di F1..(azrul ananda/habis)

---

Adu Cepat Berebut Kursi

Testing Barcelona, 17-19 November

Honda

1Bruno Senna 1:21,676

2Lucas di Grassi 1:22,283

Toro Rosso-Ferrari

1Sebastien Bourdais 1:19,839

2Takuma Sato 1:20,017

3Sebastien Buemi 1:20,154

Force India-Ferrari

1Adrian Sutil 1:22,073

2Giancarlo Fisichella 1:23,086

3Pedro de la Rosa 1:23,103

Waktu terbaik selama tiga hari latihan, bisa dicatat pada hari yang berbeda-bedaTercepat selama tiga hari uji coba adalah Sebastian Vettel (Red Bull-Renault), yang mencatat 1 menit 19,295 detik.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kalah Dini, Taufik Batal Sua Lin Dan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler