Seorang wanita pelari ultra maraton  telah memulai usahanya untuk lari sejauh 860 killometer hari Jumat (14/11/2014) melewati kawasan regional Australia, guna mewartakan kesadaran mengenai tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kirrily Dear melakukan maraton ini seagia bagian dari Gerakan White Ribbon Australia  dan mengatakan bahwa masyarakat Australia harus mulai berpikir bagaimana mengurangi tindak kekerasan trhadap wanita terutama dalam rumah tangga.

BACA JUGA: Peneliti Australia Temukan Cara Lebih Aman Transplantasi Pasien Leukemia

Maraton ini dimulai di negara bagian New South Wales dimulai dari Walgett kemudian Narrabri, Tamworth, Dubbo, Parkes, dan tiba di Forbes 25 November mendatang.

Dear akan melakukan lari maraton ini tiga kali lebih jauh dari apa yang pernah dilakukannya sebelumnya sejauh 260 km.

BACA JUGA: Suhu Udara Meningkat, Ada 50 Kebakaran Semak di NSW

Dia mengatakan tertarik untuk melakukan maraton tersebut setelah membaca pemberitaan mengenai banyaknya korban kekerasan dalam rumah tangga di Australia.

"Saya baru menyadari hal ini, sekitar 18 bulan lalu, banyaknya laporan di media mengenai wanita yang dibunuh atau menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga."

BACA JUGA: Kafe di Brisbane Tiru Iring-iringan Mobil Presiden Obama

"Ini sesuatu yang tidak saya ketahui sebelumnya, namun sekarang menjadi sesuatu yang menurut saya penting melakukan sesuatu untuk menyadarkan semua orang." tambah Dear.

Kirrrily Dear mengatakan dia memutuskan untuk memfokuskan diri di kawasan regional New South Wales, karena secara statistik, kekerasan terhadap wanita dalam rumah tangga lebih besar terjadi di kawasan regional dibandingkan di daerah metropolitan.

"Kami menemukan bahwa di kawasan regional NSW beberapa diantaranya memiliki angka tertinggi. Di beberapa daerah, kejadiannya hampir 11 kali lebih tinggi dibandingkan di daerah metropolitan." tambah Dear.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Sudah Temukan Keluarga WNI Yang Meninggal di Melbourne

Berita Terkait