UN SD Lebih Lancar

Selasa, 07 Mei 2013 – 08:06 WIB
BANDUNG- Berbeda dengan pelaksanaan Ujian Nasional(UN) SMA dan SMP yang dalam pelasanaannya selalu bermasalahan, pelaksanaan UN tingkat Sekolah Dasar dan (SD) dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI) di Kota Bandung berjalan lancar.

Pelaksanaan UN SD yang diserahkan kepada Kab/Kota menjadi salah satu faktornya, selain itu tipe soal yang hanya satu jenis memudahkan percetakan dalam pendistribusiannya.

Seperti disampaikan Kepala Subrayon 8 yang  juga Kepala Sekolah SD Cempaka Arum, Ahmad Taufan, kemarin. Ia mengaku, pelaksanaan UN hari pertama untuk tingkat SD dan MI secara umum relatif berjalan lancar.

Menurutnya, tidak ada persoalan mengenai kekurangan soal, karena selain pengecekan yang dilakukan subrayon saat kedatangan soal, juga dalam pelaksanaan setiap amplop memiliki dua eksemplar soal dan lembar jawaban UN (LJUN). Sehingga apabila ada kekurangan dan kerusakan pada soal bisa langsung teratasi.

“Berdasarkan laporan dari teman-teman di subrayon lain, hari pertama pelaksanaan UN SD ini secara umum relatif lancar. karena pelaksanaan untuk SD ini kan sudah dipersiapkan lebih baik lagi daripada pelaksanaan tingkat SMP dan SMA,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Ahmad, untuk tingkt SD ini hanya ada satu paket soal saja. Tidak mengikuti tingkat SMP dan SMA yang mencapai 20 varian soal. Selain itu, kualitas LJUN yang digunakjan juga lebih baik dari tingkat sebelumnya, yaitu kertas yang digunakan mencapai 80gram.

Subrayon 8 sendiri membawahi sebanyak 40 SD, dengan jumlah siswa 2.683 siswa dan 153 ruangan yang dipakai. dari total jumlah siswa tersebut, hanya dua orang yang tidak mengikuti UN hari pertama ini. berdasarkan laporan, kata Ahmad, kedua anak tersebut sedang sakit, sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti UN hari pertama. “Dari 2.683 siswa di subrayon 8 ini ada dua siswa yang tidak ikut karena sakit, jadi mereka bisa ikut ujian susulan minggu depan,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Oji Mahroji menuturkan, dengan persiapan yang lebih matang dan belajar dari kejadian pelaksanaan sebelumnya, UN hari pertama untuk tingkat SD/ MI berjalan lancar. “Hari pertama UN tingkat SD dan sederajatnya ini alhamdulillah berjalan lancar. ini karena persiapan lebih baik dari sebelumnya. mudah-mudahan samapi selesai pelaksanaan ujian ini semuanya lancar,”katanya.(tie)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nasib UN Dibahas Di Rembugnas Pendidikan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler