Ungkap Pelaku Kejahatan, Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan

Jumat, 27 Juli 2018 – 23:42 WIB
Ilustrasi borgol. Foto: AFP

jpnn.com, BEKASI - Tertangkapnya pelaku kejahatan jalanan membuat Polsek Pondok Gede akan meningkatkan kesiagaan dengan rutin melakukan patroli wilayah agar daerahnya aman dan kondusif.

Kapolsek Pondok Gede Kompol Suwari mengatakan patroli jalur jalan raya tersebut dengan tujuan mencegah terjadinya aksi tindak pidana di jalan raya.

Disamping itu juga membatasi ruang gerak para pelaku tindak kejahatan.

BACA JUGA: Ayo, Siapa Penjahat Berani Hadapi Polwan Black Panther?

“Anggota terus lakukan patroli wilayah, termasuk peran serta masyarakat kita libatkan dalam menjaga keamanan lingkungan,” kata dia, Kamis (26/7).

Dia menyebut tidak ada daerah rawan aksi tindak kejahatan di Pondok Gede. Mengingat dari hasil pengkapkan selama ini, pelaku melakukan aksinya ngacak di beberapa lokasi.

BACA JUGA: Setelah Tembak Pesawat, KKSB Papua Juga Menembak Warga

“Jadi pelaku melakukan aksinya saat sepi dan pada tengah malam lakukan aksinya. Tidak ada lokasi khusus,” jelasnya.

Suwari juga meminta peran aktif masyarakat dalam menjaga dan membantu mengungkap pelaku kejahatan.

BACA JUGA: Pergoki Pencuri, PNS Dihujani Tusukan Sembilan Kali

“Ya peran masyarakat memberikan infomasi soal gerak gerik mencurigakan atau adanya tindak kejahatan sangat diperlukan. Seperti pada penangkapan pelaku kejahatan jalan baru ini, mereka ditangkap atas informasi warga,” paparnya.

Sebelumnya tiga pelaku kejahatan jalanan, yang mengaku sebagai anggota gangster Serdadu Pondok Raya (SPR) diringkus anggota Unit Reskrim Polsek Pondok Gede.

Para pelaku mengatasnamakan dirinya sebagai kelompok Serdadu Pondok Raya (SPR) sering kali melakukan kejahatan jalanan di Pondok Gede dan sekitarnya.

Ketiga pelaku diringkus pada Senin, 23 juli 2018 lalu, usai beraksi di Jalan Raya Arteri Tol JORR, Kelurahan Jatiwarna, serta di Jalan Setia, Kelurahan Jatiwaringin.

Pelaku telah melakukan aksinya sebanyak delapan kali. Saat melancarkan aksinya pelaku tak segan segan membacok korbannya dengan senjata tajam jenis Corbek jika melakukan perlawanan.

“Korban yang pasrah saat dirampas kendaraannya dijalan tidak dilakukan kekerasan tetapi kalau korban melawan bakal pelaku bacok,” katanya.(kub/pojokbekasi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Putus Sekolah, M Nekat jadi Pencuri Sepeda Motor


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kriminal  

Terpopuler