Unilever dan Lazada Meluncurkan Program Easy Green

Kamis, 28 April 2022 – 22:41 WIB
Unilever. Foto: Unilever

jpnn.com, JAKARTA - Unilever dan Lazada memperkenalkan program Easy Green dalam rangka memperingati Hari Bumi.

Kolaborasi itu bertujuan untuk mengedukasi konsumen agar lebih cermat dalam membeli suatu produk dengan memperhatikan upaya-upaya pelestarian alam.

BACA JUGA: Lazada 9.9 Big Sale, dari Bonus Dadakan Rp 500 ribu hingga Diskon 70 Persen

Sejalan dengan tujuan Unilever untuk menjadikan kehidupan berkelanjutan sebagai hal yang lumrah, kemitraan itu menjadi salah satu bentuk upaya untuk menyebarluaskan edukasi mengenai pentingnya peran konsumen dalam membantu mengatasi permasalahan lingkungan.

Kontribusi konsumen bisa dimulai dari diri sendiri dan kegiatan sehari-hari seperti berbelanja.

BACA JUGA: Unilever Indonesia Makin All Out Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Pada 2021, Unilever berdiskusi dengan sejumlah digital eco-friendly shoppers di Asia Tenggara yang memiliki kepedulian lebih terhadap lingkungan.

Salah satu kekhawatiran mereka ketika berbelanja online ialah tidak tersedianya ‘label hijau’ yang memadai bagi produk lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA: PT Unilever Indonesia Siap Bantu Pemerintah Distribusikan Vaksin ke Daerah

Berangkat dari hal tersebut, Unilever menginisiasi penggunaan label Easy Green untuk membantu konsumen mengidentifikasi produk yang lebih ramah lingkungan.

Produk-produk kategori perawatan rumah tangga yang mendapatkan label Easy Green harus memenuhi kriteria yang ditentukan.

Adapun kriteria-kriteria yang dimaksud ialah biodegradability.

Setidaknya, 99 persen dari formulasi produk harus dapat terurai secara alami.

Kemudian, renewability dengan formulasi produk harus setidaknya mengandung minimal 50 persen sumber karbon terbarukan dan reduced greenhouse gases (GHG) dengan pengurangan Gas Rumah Kaca (GRK) minimal 10 persen dalam produk dibandingkan dengan formulasi sebelumnya.

Produk juga perlu menggunakan kemasan yang memiliki prinsip Better, Less, atau No Plastic.

Plastik yang dimaksud mengacu pada kemasan botol memiliki kandungan 80 persen post-consumer recycled (PCR) atau jika ada sejumlah kandungan PCR, seperti sachet dan kantong.

Kemudian, tanpa plastik adalah penggunaan kemasan yang terbuat dari kertas.

Head of Homecare E-Commerce Unilever Indonesia Kevin Stefano menjelaskan inisiatif untuk mengedukasi konsumen agar lebih cermat memiih produk bukan pertama kalinya dilakukan Unilever.

"Bersama Lazada kami menyelenggarakan program Easy Green untuk memudahkan konsumen mengenal produk serta upaya kami terkaitpelestarian lingkungan, yang sejalan dengan cita-cita kami untuk menciptakan Masa Depan yang Bersih dan Lestari’ (Clean Future)," kata Kevin, dalam siaran persnya, Senin (25/4).

Unilever memiliki komitmen kuat dalam mengembangkan produk berkualitas tinggi serta baik untuk masyarakat dan lingkungan, dengan harga terjangkau.

Kevin mengatakan ambisi besar itulah yang melandasi Unilever bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya ialah Lazada.

"Kami berharap konsumen Lazada di berbagai negara di Asia Tenggara bisa lebih cermat dalam memilih produk dan akhirnya bisa memiliki visi yang sama dengan kami untuk membantu mengatasi permasalahan lingkungan dan menciptakan masa depan yang bersih untuk kita semua," tutur Kevin.

Di sisi lain, Chief Business Officer Lazada Group James Chang mengaku bangga mengumumkan kolaborasi dengan Unilever yang memiliki semangat kuat dalam mengambil tindakan nyata untuk melindungi bumi.

Tindakan tersebut dilakukan dalam rangkaian kampanye LazEarth yang menyoroti upaya berkelanjutan Unilever di LazMall ini.

"Kemitraan Easy Green adalah langkah yang signifikan menuju tujuan kolektif jangka panjang kami dalam menyediakan pengalaman belanja online yang lebih komprehensif bagi pembeli Lazada," ujar Chang.

Selain itu, Unilever Vietnam, Indonesia, dan Filipina juga bermitra dengan Lazada untuk mengurangi penggunaan bahan kemasan plastik dalam pengiriman paket menggunakan solusi kemasan hijau dari Lazada Logistics.

Pada tataran lokal, Unilever juga senantiasa mengeksplorasi kemitraan program keberlanjutan yang selaras dengan tujuan dari Easy Green. (mcr9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pegadaian Gandeng Mitra Kurir Lazada Logistics jadi Agen


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler