Universitas Pancasila Siap Gelar 10.000 Dosis Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Selasa, 20 Juli 2021 – 17:32 WIB
Universitas Pancasila siap gelar 10.000 dosis vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Foto: Humas Universitas Pancasila

jpnn.com, JAKARTA - Pemberian vaksin Covid-19 merupakan langkah strategis yang diambil pemerintah agar Indonesia dapat melalui pandemi ini.

Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap corona, sehingga apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

BACA JUGA: Pria Berbadan Besar Turun dari Mobil, Terobos Penyekatan, Begini Penampakannya

Sementara vaksin Covid tahap kedua ini diperlukan agar antibodi yang dibentuk oleh tubuh dapat lebih optimal.

Universitas Pancasila salah satu kampus yang menjadi Sentra Vaksinasi, telah menyelesaikan 10.000 dosis vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan tertib, aman dan lancar yang telah digelar 21 Juni-8 Juli 2021.

BACA JUGA: Bagaimana Mengobati Covid-19 di Rumah? Dokter Faheem Punya Tipsnya

Selanjutnya memasuki tahap kedua yang dimulai 21 Juli–5 Agustus 2021 di tempat yang sama, Aula Masjid At-Taqwa Universitas Pancasila, Jakarta Selatan.

"Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di kampus Universitas Pancasila telah berjalan lancar, sebanyak 10.000 dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan baik kepada sivitas akademika Universitas Pancasila dan masyarakat umum. Selanjutnya tahap kedua yang akan digelar mulai 21 Juli sampai 5 Agustus 2021" kata Ni Made Dwi Sandhiutami selaku Ketua Sentra Vaksinasi Covid 19 Universitas Pancasila dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (20/7).

Dia menambahkan, peserta penerima vaksin tahap kedua wajib tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M dan menghindari kerumunan meskipun sudah melaksanakan vaksinasi.

"Sebanyak 10.000 peserta vaksin akan di berikan kepada sivitas Akademika Universitas Pancasila dan masyarakat umum dengan usia mulai 12-17 tahun, 18 tahun keatas dan lanjut usia (diatas 60 th) dimulai pada pukul 08.00 s.d. - 16.00 WIB bertempat di aula Masjid At-Taqwa Universitas Pancasila," tambah Dwi Sandhiutami yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Wakil Dekan 3 Fakultas Farmasi Universitas Pancasila.

Pada saat pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, alur pelaksanaan terdapat lima tahapan yang harus dilalui yaitu, pendaftaran, verifikasi data calon penerima vaksin, dan skrining berupa pengecekan tekanan darah, suhu badan dan beberapa pertanyaan lain oleh Dokter selanjutnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan terakhir observasi selama 30 menit.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dibantu oleh tim klinik Universitas Pancasila, pihak TNI ( 6 – 8 ) Tim, Polri ( 6 Tim ) serta Tenaga Kesehatan terdiri dari Dokter dan Perawat.

Adapun peserta vaksinasi Covid-19 berasal dari sivitas akademika Universitas Pancasila dan keluarga, masyarakat umum KTP DKI dan Non DKI dengan menunjukkan bukti kerja di wilayah DKI, JAKI & Onsite masyarakat Jagakarsa.

Selain itu Universitas Pancasila telah melaksanakan kerjasama dengan Universitas Al-Azhar Indonesia (mahasiswa dan sivitas akademika), HaloDoc, PT TAG, PT Yayasan WWF Indonesia dan PT MSS.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, Universitas Pancasila siap dan mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan program vaksinasi dan juga kewajiban pengabdian sosial pada masyarakat di samping pendidikan dan penelitian," tutup Ni Made Dwi Sandhiutami.

Agung Setya Budi Utomo selaku Ketua RW 19 Jagakarsa menyambut baik pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kampus Universitas Pancasila.

"Sentra vaksinasi Universitas Pancasila Tahap Pertama memberikan kesan positif, pelayanan cepat dengan alur yang jelas dan sangat membantu masyarakat umum dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah" ucapnya. (dkk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler