Upacara HUT ke-79 RI di Jakarta dan IKN, Presiden Jokowi Ungkap Alasannya

Selasa, 11 Juni 2024 – 11:24 WIB
Presiden Jokowi mengatakan Upacara HUT ke-79 RI digelar di Istana Merdeka Jakarta dan IKN. Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Jokowi mengatakan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI akan dilakukan di dua tempat, yakni Istana Merdeka Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi menjelasakan, Upacara 17 Agustus 2024 dilakukan di dua tempat karena saat ini ibu kota negara dalam masa transisi atau perpindahan dari Jakarta ke IKN.

BACA JUGA: Hadapi Pilkada dan Pemindahan IKN, Brigjen TNI Anggara Sitompul Pantau Kesiapan Prajurit

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan," kata Presiden Jokowi seusai menghadiri penimbangan serentak di Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).

Adapun Upacara HUT ke-80 RI pada 17 Agustus 2025 akan dilakukan di IKN saja, setelah terbit Keputusan Presiden (Keppres) tentang perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN.

BACA JUGA: Pemerintah Siapkan 2 Perpres Untuk Penyelesaian dan Status Lahan IKN

"Nanti tahun depan kalau sudah ada keputusan presiden mengenai perpindahan, baru nanti (upacara) di IKN saja," kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara lantas menilai Upacara 17 Agustus pada 2025 hanya dilakukan di IKN Nusantara saja karena pertimbangan mobilisasi, hingga akomodasi yang tidak mudah jika harus dilakukan di dua tempat.

BACA JUGA: PDIP Mulai Soroti Pembangunan IKN, Singgung Cara Mengemis ke Investor

"Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi, transportasi, akomodasi itu tidak mudah," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menambahkan bahwa seluruh tamu penting, seperti mantan presiden hingga duta besar sahabat negara diundang untuk menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN Nusantara.

"Semuanya diundang, semuanya diundang ke IKN," kata Presiden.

Sebagai informasi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

"Iya, sebagian di IKN, sebagian di sini," kata Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6), usai menghadiri rapat terbatas terkait Upacara HUT Ke-79 RI.

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sedangkan Upacara HUT ke-79 RI di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler