Upaya BAZNAS Mendorong Ekspor Produk Mustahik ke Luar Negeri

Kamis, 01 Desember 2022 – 18:46 WIB
BAZNAS Mendorong Ekspor Produk Mustahik ke Luar Negeri. Foto: Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus mendorong perkembangan usaha mustahik binaan.

Salah satunya dengan melakukan ekspor perdana produk buatan pengusaha mustahik BAZNAS ke luar negeri.

BACA JUGA: Dukung Program Baznas, Kepala BSKDN: Zakat Bagi Umat Muslim Suatu Kewajiban

"Kami bekerja sama dengan eksportir dari perusahaan Maju Jaya Sentosa untuk ekspor ke Dubai," kata Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec, Pimpinan BAZNAS dalam keterangannya, Kamis (1/12).

Menurutnya pada Konferensi Zakat Internasional ke-6 atau The 6th Indonesian Conference of Zakat (ICONZ) 2022, ini penekanannya adalah kami akan melakukan ekspor perdana dari sampel 10 produk pengusaha mustahik yang diambil dari seluruh Indonesia.

BACA JUGA: BAZNAS Terapkan Transparansi dalam Pengelolaan Dana Zakat

Zainulbahar mengatakan upaya ini diharapkan dapat mendorong peningkatan dan perkembangan usaha para mustahik, demi mencapai kesejahteraan di masa depan.

"Kemandirian ekonomi mustahik sejalan dengan tujuan BAZNAS dalam menyejahterakan umat," ujarnya.

BACA JUGA: Baznas Pusat Diminta Jangan Mendikte Kepala Daerah Soal Urusan Ini

Dia menjelaskan, kegiatan ekspor produk mustahik diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) BAZNAS dengan Kepala Koperasi Pasar Halal Muhammad Fauzianudin Al Arif dan Direktur CV. Makmur Jaya Sentosa, Hj. Sri Sabbahatun, Lc.

Selain itu, dunia pendidikan turut menjadi perhatian BAZNAS pada ICONZ kali ini, dengan meluncurkan Zakat and Waqf Online University.

"Kami sudah bertemu dengan menteri pendidikan bertemu dengan staf ahli, kami dalam proses untuk mendapat izin resminya. Peluncuran hari ini yaitu pendirian Zakat Waqf Online University, berafiliasi dengan universitas di Indonesia," kata Zainul.

Sebelumnya, periode 2016-2020, ICONZ berfokus pada kajian, pengembangan dan literasi terkait zakat. Sementara itu, periode 2020-2025 ICONZ lebih menekankan pada aksi dan inovasi bagi kesejahteraan masyarakat serta pengentasan kemiskinan. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler