Upaya iForte dan BCA Lestarikan Budaya melalui Pergelaran Sabang Merauke

Sabtu, 12 November 2022 – 17:22 WIB
Pagelaran Sabang Merauke di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (11/11). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pagelaran Sabang Merauke kembali memulai pementasan spektakulernya. Kali ini, pergelaran musik dan tari daerah tersebut berlangsung di Ciputra Artpreneur Jakarta pada 11-13 November 2022.

Pergelaran yang diselenggarakan bertepatan momentum Hari Pahlawan ini menampilkan khazanah budaya Indonesia, yang dibawakan secara apik oleh para seniman lintas generasi.

BACA JUGA: Kikan Hingga Batavia Madrigal Singers Jadi Penampil Utama di Pagelaran Sabang Merauke

Pagelaran Sabang Merauke yang digagas oleh iForte bersama BCA ini diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat kebangsaan masyarakat Indonesia.

CEO dan Direktur Utama iForte dan Protelindo Group Aming Santoso mengatakan, warisan budaya peninggalan leluhur bangsa tak hanya harus dicintai, tetapi perlu dilestarikan.

BACA JUGA: Pagelaran Sabang Merauke: Merawat Keberagaman Budaya dalam Seni Pertunjukan

Menurutnya, penyelenggaraan Pagelaran Sabang Merauke merupakan ajakan nyata bagi masyarakat, khususnya anak-anak muda untuk kembali mencintai kemegahan karya-karya leluhur bangsa.

"Tugas kita untuk merawat kemerdekaan dan juga warisan adiluhung para leluhur bangsa," kata Aming di sela sesi jumpa pers Special Performance Pagelaran Sabang Merauke, Jumat (11/11).

BACA JUGA: Pagelaran Sabang Merauke Melibatkan Ratusan Seniman dan Tampilkan Harmoni Budaya

Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono menambahkan bahwa pergelaran ini diharapkan dapat menjadi social movement untuk lebih mencintai warisan budaya bangsa.

"Kami berharap budaya yang merupakan salah satu jati diri bangsa ini bisa selalu berkilau dan tak lekang oleh kemajuan zaman," ujarnya.

Melalui Pagelaran Sabang Merauke kali ini, iForte bersama BCA mengajak serta masyarakat umum untuk menikmati pertunjukkan sekaligus menyelami budaya Tanah Air.

Selain itu, ada festival yang melibatkan 38 UMKM #banggalokal binaan BCA. Pengunjung dapat melihat produk-produk berkualitas karya anak bangsa.

Lagu Daerah

Pagelaran Sabang Merauke berlangsung selama satu jam dengan memampilkan aksi ratusan performer. Pentas ini mengusung konsep live performance yang menyajikan 22 lagu yang berisikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional dan dirangkai secara harmonis.

Pementasan ini melibatkan enam penyanyi nasional yakni Kikan Namara sebagai music director sekaligus lead vocal, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo, Alsant Nababan, dan musikus generasi muda Swain Mahisa.

Pagelaran Sabang Merauke juga penuh dengan tari-tarian yang merupakan ciri khas masing-masing daerah di Tanah Air. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler