Update 4 Besar Perolehan Medali PON Papua: DKI Jakarta Tambah Perunggu Lewat Basket Putri

Sabtu, 09 Oktober 2021 – 13:17 WIB
Tim Basket Putri DKI Jakarta berhasil meraih medali Perunggu setelah mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 69-53 yang berlangsung di Mimika Sport Complex. Sabtu (09/10/2021) (Photo : PB PON XX PAPUA/Faisal Adrian),

jpnn.com, JAYAPURA - Tim basket putri DKI Jakarta sukses menggondol medali perunggu usai mengalahkan Sulawesi Selatan 69-53 dalam perebutan tempat ketiga yang berlangsung di GOR Mimika Sport Complex (MSC), Sabtu (09/10).

Permainan timpang sudah terjadi sejak awal laga. DKI Jakarta terlihat lebih menguasai lapangan. Rebeca cum suis selalu memimpin dari kuarter pertama hingga keempat.

BACA JUGA: Final Basket PON Papua: Sulawesi Utara Siap Kejutkan DKI Jakarta

Meski Sulsel terus berupaya mengejar ketinggalan lewat penyerangan tiga angka oleh Sabrina Ayu, tetapi hal itu tidak mengubah apa pun. Tim Ibu Kota tetap unggul hingga laga berakhir.

Seusai pertandingan, pelatih DKI Jakarta Andrew Tambunan mengaku perjalanan timnya di PON XX Papua tidaklah mudah. Mereka harus bertemu lawan-lawan tangguh, serta tidak bisa diperkuat salah satu pemain andalannya karena terpapar Covid-19.

BACA JUGA: Tinju PON XX Papua: Melakukan Protes Keras, Atlet DKI Jakarta Baku Hantam dengan Panitia

"Pertama saya ucap syukur dulu kepada Tuhan atas hasil yang kami raih hari ini. Kami beberapa kali kalah melawan tim-tim tangguh, tetapi kami belajar untuk memperbaiki diri di pertandingan ini," terang sang pelatih.

Medali perunggu ini juga dipersembahkan khusus untuk anak asuhnya yang masih dirawat di RSUD Mimika tersebut.

BACA JUGA: Final Basket Putri PON Papua: Bali Siap Merusak Dominasi Jawa Timur

"Dia latihan panjang, tetapi dia tidak bisa bermain sekalipun. Padahal dia salah satu pemain andalan kami sebenarnya. Cukup emosional rekan setimnya, dan dia sekarang mendukung kami dari jauh," tambah Andrew.

Salah satu pilar DKI Jakarta, Jesslyn Angelique Aritonang tetap bersyukur bisa membawa pulang perunggu dari Papua. Meskipun target sesungguhnya ialah medali emas.

"Ada banyak kendala saat turun di PON Papua, seperti ada yang sakit, ada yang ngak bisa main. Pasti secara tidak langsung mengganggu psikologi kami. Namun, kami bisa keluar dari tekanan itu, dan bisa bangkit."

"Yang terpenting kami bisa membawa medali untuk yang sakit, keluarga dan warga DKI Jakarta," timpal Jesslyn.

Tambahan satu medali perunggu dari DKI Jakarta, membuat tim Ibu Kota terus menempel ketat Jawa Barat yang berada di puncak perolehan medali.

Berdasarkan data terbaru dari laman PON XX Papua, DKI Jakarta saat ini bertengger di posisi runner up dengan jumlah medali 183 keping (65 emas, 53 perak, dan 65 perunggu).

Adapun Jawa Barat yang bercokol di puncak sejauh ini telah mengemas 203 medali dengan rincian 70 emas, 64 perak, dan 69 perunggu.

Pada tempat ketiga dan keempat, ditempati kontingen Jawa Timur dan tuan rumah, Papua.

Jatim saat ini telah mengoleksi 166 medali (64 emas, 53 perak, dan 49 perunggu). 

Papua sendiri berhasil menggondol 143 medali (56 emas, 30 perak, dan 57 perunggu).(pon/mcr15/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler