Update Harga Cabai, Bawang, hingga Minyak Goreng Hari Ini

Selasa, 19 Juli 2022 – 13:13 WIB
Harga cabai, bawang, hingga minyak goreng perlahan menurun seusai perayaan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Ilustrasi. Pasar: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga cabai, bawang, dan minyak goreng hari ini, Selasa (19/7) sudah mulai turun.

Penurunan mulai terjadi seusai Iduladha 1443 Hijriah.

BACA JUGA: Hamdalah, Harga Cabai Turun, Pedagang Beberkan Alasannya

Dipantau dari laman resmi hargapangan.id harga cabai keriting Rp 80.050 per kilogram atau turun Rp 1.200 dibandingkan kemarin.

Harga cabai rawit hijau Rp 67.050 per kilogram atau turun Rp 900 per kilogram.

BACA JUGA: Langkah Ganjar Berikan Subsidi Cabai dan Bawang Diapresiasi Pedagang

Kemudian, harga cabai rawit merah turun Rp 2.550 menjadi Rp 84.550 per kilogram.

Harga minyak goreng curah Rp 16.050 per kilogram.

BACA JUGA: Menjelang Iduladha Harga Cabai Tembus Rp 120 Ribu Per Kg

Namun, kenaikan tipis terjadi pada telur ayam ras menjadi Rp 29.350 per kilogram, bawang merah ukuran sedang Rp 64.250 per kilogram.

Dikutip dari Antara, per Senin (18/7) harga cabai dan bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, mulai turun.

Harga cabai merah di Pasar Induk Kramat Jati berada di kisaran Rp 90 ribu per kilogram. Harga tersebut turun dibandingkan sebelum hari raya kurban yang sebelumnya mencapai Rp 150 ribu per kilogram.

“Sekarang sudah pada turun harga cabai rawit Rp 90 ribu dari sebelumnya Rp 150 ribu, kalau cabai rawit hijau sebelumnya Rp 120 ribu sekarang jadi Rp 60 ribu. Cabai keriting Rp 100 ribu yang sebelumnya Rp 120 ribu.” Kata Poniman, seorang pedagang cabai di Pasar Induk Kramat Jati.

Poniman mengaku penurunan harga cabai ini membuat dirinya merasa senang karena dengan begitu pembeli juga makin banyak yang berbelanja.

Menurut dia, sebelumnya masyarakat yang datang berbelanja tidak seramai saat harga cabai merah masih berkisar Rp 150 ribu per kilogram.

“Tentu senang sekali dengan harga yang mulai stabil, karena makin banyak yang mau beli cabai dan pendapatan saya juga pasti nambah” Katanya.

Pedagang cabai lainnya di Pasar Induk Kramat Jati, Maryati juga menjual cabai dengan harga yang sama. Harga cabai rawit merah, cabai rawit hijau dan cabai merah keriting dijual di kisaran Rp 60 ribu sampai Rp90 ribu per kilogram.

“Ya (harga) pada turun dibandingkan saat lebaran kurban yang rata-rata harga cabai mencapai Rp150 ribu per kilogram," katanya.

Pedagang lain Muslidah mengatakan harga cabai keriting yang dijualnya mencapai Rp 90 ribu per kilogram dan harga bawang merah dijual dikisaran Rp 40 ribu per kilogram.

"Kalau saya jual bawang merah dari harga Rp 50 ribu per kilogram," kata Muslidah. (antara/mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler