UPJ Jadikan ArchWorks 8 Pengungkit Kreativitas dan Keberlanjutan

Selasa, 05 Maret 2024 – 16:30 WIB
ArchWorks 8 membawa pesan yang kuat untuk menumbuhkan kembali kualitas kehidupan sesungguhnya dalam lingkungan sosial. Foto: dok UPJ

jpnn.com, JAKARTA - Prodi Arsitektur Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) telah menjadikan ArchWorks sebagai menjadi titik balik penting dalam perjalanan penciptaan dan eksplorasi ide-ide kreatif dalam dunia arsitektur.

Sebagai sebuah acara besar yang diselenggarakan secara berkala, ArchWorks menjadi momentum bagi mahasiswa/i untuk mengembangkan ide-ide mereka dengan berpikir kreatif, kritis, dan inovatif.

BACA JUGA: UPJ dan Komunitas TDA Tangerang Raya Resmi Berkolaborasi, Awali Kerja Sama dengan Gelar Talkshow

Dengan mengusung tema "Creative Placemaking: Encouraging Sustainability," ArchWorks 8 membawa pesan yang kuat untuk menumbuhkan kembali kualitas kehidupan sesungguhnya dalam lingkungan sosial.

Terintegrasi dengan kawasan urban dan pelestarian budaya, acara ini bertujuan untuk membangun kreativitas masyarakat serta menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

BACA JUGA: Universitas Pembangunan Jaya Undang Praktisi Industri hingga Wirausahawan Hadiri Acara TEDx UPJ

Tujuan dari ArchWorks 8 tidak hanya terbatas pada penciptaan karya arsitektur yang inovatif, tetapi juga pada pembentukan ruang yang memberikan solusi untuk belajar, berbagi informasi, dan menampilkan media interaktif.

ArchWorks 8 diharapkan dapat memberikan dampak yang membangun pada proses pembentukan kembali kualitas kehidupan sosial yang berkelanjutan.

Beberapa bentuk kegiatan dari ArchWorks 8 ini meliputi: Canvass, Archivibe, Competition, dan Exhibition.

Semua kegiatan ini akan dilaksanakan di Bintaro Jaya XChange 1 yang dimana akan dikaksanakan dari tanggal 3 - 9 Maret 2024.

Pada setiap kegiatan dari ArchWorks 8 ini terdapat tema yang mewakilkan setiap kegiatannya.

Pertama ada Canvass dengan tema “Sociability” yang mempunyai arti tema untuk mencerminkan semangat terbuka terhadap gagasan baru dan ide-ide inovatif dalam proses kolaborasi.

Canvass mempunyai rangkaian acara yang terdiri dari Roadshow, Aksi Kolaborasi ditanggal 6 dan 9 Maret 2024, Workshop dan Talkshow ditanggal 4,5 dan 8 Maret 2024.

Lalu, kedua ada Archivibe dengan tema “Comfort and Image”.

Archivibe atau Architecture and Vibration adalah ruang aktif dan kreatif untuk menyuarakan isu-isu dan perkembangan seputar arsitektur, lingkungan, dan sosial budaya dan dikemas dalam kegiatan Talkshow.

Talkshow ini akan diisi oleh beberapa pembicara yaitu Isandra Matin Ahmad, Novriansyah Yakub, Mohammad Hikmat Subarkah, S.T., M.A., Ir.H. Achmad Noerzaman , MM, IAI, Adhitiya Sasongko, S.T.. Dan akan dilaksanakan pada tanggal 4, 7, dan 9 Maret 2024.

Selanjutnya ada Competition atau sayembara, dengan tema “Access & Linkages” harapannya dengan pendekatan tema tersebut dapat memberikan pengalaman baru dalam menciptakan ruang sosial untuk meningkatkan produktivitas dan mengembalikan budaya yang terlupa serta interaksi dalam ruang fisik.

Terakhir adalah Exhibition dengan tema “Uses and Activities” menjadi tema yang diusung untuk mengenalkan peranan lingkungan binaan yang dapat memfasilitasi kehidupan urban dengan mengenal jati diri dan memaksimalkan potensi ruang serta aktivitas kreatif yang dapat terjadi pada lingkungan setempat.

Akan dilaksanakan pada 3 - 9 Maret 2024, untuk hari pertama dimulai dari jam 08.00 - 21.00 WIB, dan dari hari ke-2 hingga ke-7 dimulai dari jam 10.00 - 21.00 WIB.

Seluruh kegiatan ArchWorks 8 ini diadakan di Mall Bintaro Jaya XChange 1, kecuali competition karena acara tersebut merupakan acara sayembara online.

Rangkaian acara yang diselenggarakan ArchWorks 8 gratis dan tentunya sangat menarik untuk didatangi. (jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Elvi Robiatul, Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler