Urus Aset, Kemenag Gandeng Kejagung

Rabu, 22 Februari 2012 – 14:51 WIB
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag), Bahrul Hayat mengatakan pihaknya sengaja menggandeng Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mempertahankan aset-aset serta menertibkan administrasi atas aset tersebut. Hal ini ditandai dengan penandatangan perjanjian kerjasama (MoU) tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara antara pihak Kemenag dan Kejagung.

Bahrul Hayat mengakui, di institusinya cukup banyak kasus sengketa lahan milik Kemenag yang diklaim oleh masyarakat umum ataupun sejumlah perusahaan lainnya. "Jumlahnya banyak, saya tidak ingat. Ada yang masih berproses di pengadilan dan dimenangkan. Di Ciputat juga banyak yang tengah  diselesaikan. Dengan bantuan dari Jaksa Agung Muda Perdata Tata Usaha Negara (JAM DATUN), kita bisa lebih banyak menyelesaikan aset yang  bermasalah," jelas Bahrul di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu (22/2).

Menurutnya, sebelumnya Kemenag memang sudah kerap kali berkomunikasi dengan pihak Kejagung untuk meminta pendampingan hukum dalam menyelesaikan kasus sengketa lahan. Akan tetapi dengan adanya kerjasama ini, lanjut Bahrul, diharapkan dapat lebih rapih dan lebih jelas.

"Karena kasus seperti ini kerap terjadi di setiap kementerian. Untuk tahap awal,  tentu kita bicarakan dulu dan kita panggil yang bersangkutan atau pihak yang mengaku memiliki lahan Kemenag untuk menanyai permasalahannya. Kenapa ini milik negara menjadi milik saudara? Tentunya ini harus jelas. Kalau memang tetap, maka kita gugat.  Kita objektif saja. Kalau memang sebaliknya Kemenag tidak punya sertifikat, maka kita harus menyerahkan ke masyarakat. Kita juga akan melihat di lapangannya. Kalau kemenag tidak punya alasan dan bukti untuk itu, ya Kemenag tidak boleh juga mengambil hak mereka," ujarnya dengan panjang lebar. (cha/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Pilar Mendarah Daging pada Diri Taufik Kiemas

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler