Usai Juara, Spanyol Bidik Host PD 2018

Rabu, 14 Juli 2010 – 09:19 WIB
KULTUR - Parade skuad Spanyol dengan bus bertingkat beratap terbuka di Madrid, di jalanan yang dipenuhi khalayak, 12 Juli waktu setempat. Foto: Jasper Juinen/Getty Images/FIFA.com.
GELAR juara PD 2010 tidak hanya menempatkan Spanyol sebagai salah satu kiblat kekuatan sepak bola duniaBanyak pihak percaya, sukses Xavi Hernandez dkk di tanah Afrika itu bisa dimanfaatkan untuk mengegolkan impian mereka yang lain

BACA JUGA: Permainan Oranje Paling Kasar

Yakni, menjadi tuan rumah PD 2018.

Ya, Spanyol memang mencalonkan diri menjadi host PD 2018 dan 2022
Tapi, negeri Matador tidak maju sebagai kandidat seorang diri

BACA JUGA: Fabregas Tak Menyesal Dicadangkan

Mereka menggandeng tetangga terdekatnya, Portugal, sebagai co-host.

"Kami berharap gelar juara yang diperoleh Spanyol berguna dalam pencalonan ini
Tentunya, setelah mereka merebut trofi, bakal lebih banyak dukungan yang mengalir ke pencalonan kami," rilis pernyataan resmi federasi sepak bola Portugal (FPF), sebagaimana dilansir Associated Press.

"Sebagai negara tetangga di Semenanjung Iberia, publik Portugal juga sangat puas dengan kemenangan Spanyol

BACA JUGA: Quadruple Sneijder Melayang

Itu sekaligus membuktikan bahwa kultur sepak bola di dua negeri itu sangat kuat, cocok untuk jadi host," lanjut juru bicara yang merilis pernyataan tersebut.

Selama ini, kultur sepak bola yang kuat memang menjadi salah satu poin kriteria penunjukan hostKultur yang mengakar secara otomatis akan meningkatkan antusiasme publik setempat untuk menyaksikan Piala DuniaJika Piala Dunia sering identik sebagai pesta sepak bola sejagat, dukungan publik jelas sangat relevan.

Selama ini, jika melihat kultur sepak bola di Spanyol, sebenarnya antusiasme publiknya tidak perlu diragukanYang jadi masalah, apakah dukungan serupa bisa diharapkan datang dari Portugal, mengingat hubungan kedua tetangga ini tidak terlampau harmonis.

Faktanya, FPF telah mengirimkan selamat atas kesuksesan Spanyol"Kami sangat bangga dengan prestasi SpanyolKami ingin melanjutkan kerjasama bilateral yang sudah terjalin lama dengan bersama-sama mengegolkan tujuan menjadi tuan rumah PD 2018," lanjut si juru bicara.

Namun, pencalonan Spanyol dan Portugal tidak bakal mulusMereka mendapat hadangan dari Inggris dan Amerika Serikat yang sangat ngotot memboyong PD 2018 ke negeri merekaPromosi sudah gencar dilaksanakan, dengan menunjuk bintang-bintang sebagai duta pencalonan.

Inggris misalnya, telah mengangkat David Beckham sebagai ikonSementara AS mengusung banyak duta dan bekal dukunganMulai dari mantan aktor Arnold Schwarzenegger, mantan presiden Bill Clinton, hingga Presiden Barack Obama sendiriDi sisi lain, greget pencalonan belum terasa di Spanyol dan Portugal(na/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gol Iniesta untuk Jarque


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler