Usbat Sumut Pengin Program SMK Boarding Gratis ala Ganjar Diterapkan Secara Nasional

Kamis, 01 September 2022 – 22:31 WIB
Usbat Sumut menggelar deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo. Mereka berharap program SMK boarding gratis bisa diterapkan secara nasional. Dok Usbat Sumut.

jpnn.com, MEDAN - Program SMK boarding gratis yang digagas Ganjar Pranowo di Jawa Tengah (Jateng) menarik perhatian para ustaz di Kota Medan, Sumatera Utara.

Mereka yang tergabung dalam Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar itu berharap program yang ada di Jateng tersebut bisa diterapkan secara nasional.

BACA JUGA: Farel Prayoga Luncurkan Lagu Tugiman, Ganjar Pranowo Unggah Momen Ini

Ketua Usbat Kota Medan Ahmad Dhairobi Butarbutar mengatakan untuk mewujudkan hal itu, mereka siap mendukung Ganjar maju di Pilpres 2024.

"Kami berharap SMK boarding gratis itu dibuat secara nasional hingga pelosok seluruh Indonesia," kata Dhairobi dalam siaran persnya, Kamis (1/9).

BACA JUGA: Ganjar Ingin Pramuka Jadi Agen Perubahan untuk Masyarakat dengan Ukhuah Islamiah

Dhairobi mengatakan program SMK boarding gratis khusus untuk anak-anak dari keluarga prasejahtera sudah ada mulai 2014. Dari 37 SMK negeri terbaik di Indonesia, SMK Negeri Jateng berhasil meraih peringkat terbaik nasional tahun 2020 dan mewisuda 1.000 lebih pelajar. 

Dhairobi menyebut program gagasan Ganjar itu tidak hanya sekadar memberikan akses pendidikan kepada anak-anak yatim dan keluarga tidak mampu.

BACA JUGA: Nilai Investasi Jawa Tengah Capai Rp 39,19 Triliun, Ganjar: Harus Digenjot Lagi

Namun, program itu juga membantu masyarakat prasejahtera dan anak yatim duafa membangkitkan perekonomiannya dengan keterampilan dan akses kerja yang dimiliki dari pendidikan SMK. 

"Program itu adalah bukti pemahaman beliau yang sangat baik dengan masalah yang dihadapi rakyat. Beliau sudah pernah menjadi anggota DPR, kemudian beliau saat ini menjadi Gubernur Jateng," tuturnya. 

Di samping itu, Dhairobi mengagumi sosok Ganjar yang tenang dan solutif ketika menghadapi persoalan. Dhairobi berharap karakter, prestasi, beserta program yang digagas Ganjar di Jateng bisa diimplementasikan di seluruh Indonesia.

Ketua Usbat Ganjar Sumut Syabrun Jukhoir menyebut deklarasi di Kota Medan berlangsung hikmat. Ke depannya, Syabrun menyebut Usbat akan kembali mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar di sejumlah Kabupaten di Sumut.

Adapun lokasi deklarasi yang akan dilakukan bulan September ini antara lain Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Berdagai, Kabupaten Simalungun, dan Kabupaten Asahan. 

"Ini merupakan daerah prioritas yang akan diadakan pada September 2022,” kata dia. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei Poltracking: Simulasi Ganjar Pranowo-Erick Thohir Paling Kuat, Prabowo-Puan Lemah


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler