Usir Penyakit, 5 Makanan ini Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Sabtu, 09 September 2017 – 14:02 WIB
Bawang putih. Foto IST

jpnn.com - Sistem imunitas tubuh berperan penting terhadap kesehatan.

Dengan begitu, kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh akan dilawan. Sehingga, walaupun terinfeksi, Anda tidak akan jatuh sakit.

BACA JUGA: Ternyata Diet Rendah Lemak Cukup Berbahaya

Salah satu cara memiliki sistem imunitas tubuh yang baik adalah melalui makanan. Berikut ini lima makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh Anda.


1. Teh Hijau.

BACA JUGA: Atasi Alergi Anak dengan 3 K

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol, sehingga baik untuk meningkatkan imunitas. Sebuah studi juga menemukan bahwa katekin, senyawa dari polifenol, dapat mematikan virus penyebab influenza.

2. Brokoli.

BACA JUGA: Empat Penyakit Serius Ditanggung BPJS Menguras Biaya

Sayuran ini dipenuhi berbagai jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin A, C, dan E. Ada juga kandungan antioksidan dan serat. Tak heran jika brokoli disebut-sebut sebagai salah satu jenis sayuran paling sehat. Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, sebaiknya brokoli dimasak sebentar saja.

3. Yoghurt.

Yoghurt mengandung probiotik, bakteri yang baik untuk tubuh. Selain menjaga sistem imunitas, konsumsi yoghurt berkala bisa memperlancar sistem pencernaan.

Pilihlah yoghurt jenis plain daripada yang diberi pemanis. Jika tidak menyukai rasa asam pada yoghurt, Anda bisa menambahkan buah-buahan sehingga lebih manis dan menyehatkan.

4. Bawang Putih.

Bumbu dapur yang satu ini kerap digunakan dalam hampir semua jenis masakan. Jangan takut akan efek bau mulutnya, bawang putih ternyata sangat sehat. Bawang putih ditemukan bisa membantu melawan infeksi, berkat komponennya yang bernama alisin.

5. Pepaya.

Pepaya merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Bahkan, satu buah pepaya mengandung lebih dari dua kali lipat kebutuhan vitamin C harian. Di samping itu, pepaya memiliki enzim pencernaan yang dinamakan papain. Papain ini memiliki sifat antiradang.

Selain dengan makanan sehat, memelihara kebersihan rumah serta lingkungan juga penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh Anda.

Dalam membersihkan rumah, pilihlah pembersih yang benar-benar mampu membasmi kuman dengan baik, karena membersihkan dengan air saja tidak cukup untuk membunuh kuman-kuman yang tak terlihat.(RS/RH/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Ini Mampu Melawan Berbagai Jenis Bibit Penyakit


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler