Usulan Kenaikan Diajukan Awal Maret

Jumat, 24 Februari 2012 – 10:23 WIB

JAKARTA - Pilihan pemerintah terkait BBM subsidi sudah jelas. Setelah menimbang masak-masak, akhirnya pemerintah mengambil opsi untuk menaikkan BBM untuk menekan angka subsidi. Namun, agar kebijakan itu bisa dilakukan, pemerintah harus melakukan perubahan APBN 2012 yang saat ini tengah dipersiapkan dan diharapkan bisa diajukan kepada DPR awal Maret depan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, kenaikan BBM itu terlebih dahulu harus melalui perubahan APBN 2012. Pasalnya, dalam UU APBN 2012 tidak mengizinkan kenaikan bensin bersubsidi, yang ada hanya perintah melakukan pembatasan BBM.

Kenaikan harga dilakukan karena pengelolaan manajemen subsidi saat ini tidak sehat dan tidak tepat sasaran, padahal harga minyak saat ini sedang melambung tinggi. Asumsi minyak dalam APBN 2012 sebesar USD 90 per barel, tapi harga minyak dunia saat ini sudah mencapai USD 115-120 per barel.

"Jadi, sekarang kita sedang melakukan exercise, menghitung, mempercepat APBN-P itu. Diharapkan awal Maret itu sudah bisa disampaikan kepada DPR," papar Hatta di Jakarta.

Pemerintah ingin 1 April DPR sudah menyetujui terhadap perubahan APBN  tersebut. "Nanti ada pembahasan dengan DPR, Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM, nanti Menkeu dengan Banggar, sehingga nanti didapatkan APBN yang baru," ujarnya.

Lalu berapa rupiah kenaikannya? Hatta enggan menjelaskan. Menurutnya, pemerintah akan melakukan kajian maupun simulasi terbaik sebelum kenaikan harga benar-benar dilakukan.

"Kita lihat komentar-komentar sudah pada muncul. Ada yang mengatakan (kenaikan, Red) antara Rp 1.000 sampai Rp 2.000 maksimum, ada yang bilang antara 20 persen sampai 30 persen. Menurut saya kita akan lakukan exercise yang sebaik mungkin," jelasnya.

Presiden SBY, lanjut Hatta, sangat hati-hati dalam menaikkan harga BBM. Kepala negara menginstruksikan untuk betul-betul memberikan support, bantuan kepada masyarakat, yakni bantalan kompensasi untuk menekan dampak penaikan harga BBM jika dilakukan.

"Bantuannya harus cukup. Bantuan jaminan kesehatannya harus tetap berjalan, bantuan operasional sekolahnya tetap berjalan. Raskinnya juga harus bertambah kemudian bantuan-bantuan lainnya harus diberikan, sehingga kenaikan tidak memberikan pengaruh pada masyarakat kita yang miskin kerena ada kompensasi itu," jelas Hatta.

Kendati pemerintah menaikkan bensin, program konversi BBM ke gas akan tetap dilakukan sebagai strategi mendorong pengurangan penggunaan minyak. Namun, kebijakan itu tidak perlu ditargetkan pada 1 April secara serentak. "Bertahap terus sampai masyarakat kita beralih ke gas," ujar dia. (lum)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BBM Naik, BUMN Siapkan Bantuan Langsung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler