Uzbekistan v Australia: Anggap Sama Kuat

Selasa, 25 Januari 2011 – 11:59 WIB
DOHA - Australia dan Uzbekistan sama-sama mencatat sejarah di Piala Asia 2011Untuk kali pertama, kedua tim berhasil menembus semifinal

BACA JUGA: Perseman Target Poin di Kandang PSIS

Tapi, hanya salah satu tim yang bisa menembus fase lebih jauh lagi alias lolos ke final Minggu nanti (29/1).

Itu karena Australia dan Uzbekistan harus saling jegal di Khalifa International Stadium malam nanti (siaran langsung RCTI pukul 22.45 WIB)
Di atas kertas, Uzbekistan dianggap sebagai underdog

BACA JUGA: Bobotoh Dipukuli akan Lapor ke Propam

Sesuatu yang wajar mengingat Australia tidak unggul jauh dari rankimg dunia
Socceroos - sebutan Australia - peringkat ke-26, sedangkan Uzbekistan peringkat ke-108.

Belum lagi dari perimbangan materi pemain

BACA JUGA: Mbamba Melamar ke Persela

Australia dipenuhi banyak pemain yang berlaga di liga EropaDari 23 pemain, 16 di antaranya bertebaran di berbagai klub elite Benua BiruBandingkan dengan White Wolves - sebutan Uzbekistan - yang hanya memiliki lima pemain EropaItu pun hanya berlaga di liga minor.

Tidak hanya ituUzbekistan sudah pernah dikalahkan dua kali oleh Australia di kualifikasi Piala Dunia 2010Socceroos menang 2-0 di kandang sendiri dan 1-0 di kandang lawanTapi, itu tidak membuat Uzbekistan minder.

"Peluang kedua tim tetap fifty-fifty karena ini laga berbeda," kata defender Uzbekistan Odil Ahmedov sebagaimana dilansir Reuters"Kami juga dalam motivasi tinggi untuk lolos ke final dan meraih gelar kali pertama," sambungnya.

Lucas Neill, defender sekaligus kapten Australia, berpendapat samaKendati Uzbekistan memiliki sedikit pemain yang berlaga di Eropa, tidak demikian halnya dengan permainan.

"Uzbekistan tim bagus dan mengadopsi permainan gaya EropaMereka juga diuntungkan dengan recovery dan tidak perlu memainkan babak tambahan waktu untuk lolos ke semifinal," tutur pemain yang kini merumput di Galatasaray itu kepada AFP.

Di pihak lain, pelatih Australia Holger Osieck mengatakan apabila timnya rileks setelah lolos ke semifinalItu karena Socceroos mengalami progres setelah dalam debutnya di Piala Asia 2007, hanya sampai perempat final"Tidak benar kami terbebaniKami justru antusias dengan apa yang sudah kami raih," kata pelatih berkebangsaan Jerman itu kepada Associated Press.

Dalam kesempatan itu, Osieck sekaligus menyatakan apabila bintang Australia asal Everton, Tim Cahill, siap tampil melawan UzbekistanCahill yang selama Piala Asia dimainkan sebagai striker itu sempat diragukan karena mengalami masalah engkel saat Australia mengalahkan Iraq 1-0 di perempat final.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan Tim CahillDia dalam kondisi fit baik fisik maupun psikis," jelasnya.

Pemenang Australia versus Uzbekistan akan menghadapi pemenang Jepang kontra Korea Selatan (Korsel) yang dimainkan di Al Gharafa StadiumBerbeda dengan Australia dan Uzbekistan, Jepang dan Korsel merupakan tim familier di semifinal Piala Asia karena kedua tim total sudah 12 kali lolos ke empat besar dan menghasilkan lima gelar(dns/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Uzbekistan (3-5-2): 12-Nesterov (g); 3-Mulladjanov, 9-Akhmedov, 6-Juraev; 17-Tursunov, 18-Kapadze, 7-Haydarov, 8-Djeparov, 19-Khasanov; 2-Bakaev, 15-Geynrikh
Pelatih: Vadim Abramov

Australia (4-4-2): 1-Schwarzer (g); 8-Wilshire, 2-Neill, 6-Onenovski, 3-Carney; 14-Holman, 15-Jedinak, 16-Valeri, 17-McKay; 10-Kewell, 4-Cahill
Pelatih: Holger Osieck

Bursa Asian Handicap
Uzbekistan v Australia    1/2 : 0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persib Terancam Laga Usiran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler