Van der Vaart: Belanda Harus Juara

Rabu, 06 Juni 2012 – 14:58 WIB

ROTTERDAM -- Grup B merupakan grup yang diramalkan bakal paling panas dalam satge pertama putaran final Euro 2012 mendatang.

Wajar saja anggapan itu, karena grup ini dihuni tiga raksasa sepakbola Eropa yakni, Belanda, Jerman dan Portugal. Satu tim lainnya adalah kuda hitam dari Skandinavia, Denmark.

Bagi penyerang Belanda, Rafael van der Vaart, Euro kali ini adalah pertaruhan segalanya. Kalah dari Spanyol dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan membuatnya bersikeras untuk mempersembahkan tropi Euro untuk negaranya tahun ini.

‘’Saya tidak ingin mengatakan (juara) sekarang atau tidak selamanya. Tapi ini sebuah momen yang jelas. Jika anda bisa melakukannya sekarang maka ini akan benar-benar terjadi,’’ ujar bintang Totenham Hotspurs dalam situs resmi UEFA, Rabu (6/6).

‘’ Kami adalah finalis Piala Dunia, jadi kami juga harus mempunyai ambisi yang lebih tinggi saat ini,’’ tambahnya.

Van der Vaart pertamakali mencicipi Euro bersama timnya 2004 silam. Maka tidak heran jika pria 29 tahun ini  merupakan pemain dengan paling banyak pengalaman di pentas Eropa. Total seluruh penampilannya bersama tim Tanah Rendah sebanyak 96 kali.

Jika tampil bagus dalam Euro kali ini  bukan tidak mungkin ia akan menjadi pemain Belanda dengan penampilan terbanyak yakni melebih angka 100 caps di pentas Eropa.

Laga pertama Belanda dalam Euro ini melawan Denmark, akihir pekan ini. Meski pernah mencukur Denmark 2-0 di Afrika selatan 2010 lalu, Van der Vaart tetap waspada dengan lawan pertamanya itu.

"Dan saya kira sekarang mereka lebih baik daripada dua tahun lalu. Mereka punya beberapa pemain  dan seorang pelatih yang bagus, saya sangat tertarik bagaimana mereka akan melakukannya. Ini akan menjadi laga yang sangat penting untuk kedua tim. Karena jika kami tidak bisa memenangkannya ini akan menjadi cerita yang sulit dalam laga selanjutnya melawan Portugal dan Jerman,’’ paparnya.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Ada Penambahan Dana PON 2012


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler