Varian Baru Corona B117-UK Sudah Masuk di Karawang, Ridwan Kamil: Jadi Kami Harus Bagaimana?

Rabu, 03 Maret 2021 – 14:23 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, BANDUNG - Varian baru virus corona B117-UK yang pertama kali muncul di Inggris sudah masuk ke Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Nah masih terkait berita COVID-19. Varian baru virus corona B117-UK dari Inggris yang sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang. Oleh karena itu kami sudah melakukan pelacakan," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menghadiri acara Uji Klinik Vaksin COVID-19 Rekombinan Anhui di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Jalan Profesor Eyckman Kota Bandung, Rabu (3/3).

BACA JUGA: Sejumlah Jenis Baru Virus Corona Mengkhawatirkan Tapi Para Pakar Optimis

Gubernur meminta kalau bisa Tim Unpad untuk melakukan penelitian varian baru virus corona tersebut.

"Jadi kami harus bagaimana ibu bapak peneliti dengan adanya varian baru ini? Apakah sama perlakuan protokol kesehatan 3M-nya atau bagaimana. Itu kami mohon secepatnya ada penelitian," katanya.

BACA JUGA: Penjual Kue Diamankan Densus, Mahfud Beri Kesaksian Begini

Namun, Kang Emil -panggilan karib Ridwan Kamil- meminta kepada warga Jabar agar tetap tenang dan tidak panik terkait adanya varian baru virus corona tersebut dan langkah antisipasi telah dilalukan sejak awal karena satgas telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi.

"Jadi ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan," katanya.

BACA JUGA: Warga Melihat Sejumlah Napi Rutan Kabur, Terpincang-pincang

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan menemukan dua kasus varian baru virus corona atau virus jenis B117-UK dari Inggris di Indonesia.

"Tadi malam (Senin, 1/3) malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun pandemi COVID-19 hari ini, kita menemukan mutasi B117-UK di Indonesia," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler