Vasanta Group Terapkan Ekonomi Hijau Lewat Program Daur Ulang Pakaian

Selasa, 21 Mei 2024 – 16:59 WIB
Vasanta Group menerapkan ekonomi hijau melalui program daur ulang pakaian. Foto: Vasanta

jpnn.com, JAKARTA - Industri tekstil diperkirakan akan menghasilkan 3,9 juta ton limbah pada 2030, menurut laporan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) 2021.

Sebagai upaya untuk mengurangi limbah tekstil di masa depan, Vasanta Group menginisiasi program The Renew Threads atau penggunaan ulang pakaian layak pakai.

BACA JUGA: Vasanta Group Meresmikan Tata Pencahayaan Indah di Senopati Boulevard Depok

Program ini telah berlangsung sejak kuartal pertama 2023, di mana seluruh karyawan mengumpulkan pakaian secara kolektif.

Kemudian, berkembang menjadi pengumpulan mainan dan peralatan rumah tangga yang masih layak pakai dan berfungsi dengan baik.

BACA JUGA: Vasanta Group dan Baim Wong Berkolaborasi Demi Kota Depok

Sebanyak 1.300 barang berupa pakaian dari berbagai jenis dan ukuran, buku, mainan dan peralatan rumah tangga yang sudah diseleksi disalurkan melalui Clothes for Charity pada 21 Mei 2024, untuk selanjutnya dijual kembali.

Hasil penjualan akan digunakan untuk biaya operasional pendidikan anak-anak, kelompok marginal, serta yatim dan duafa binaan Yayasan Gemilang Indonesia.

BACA JUGA: Vasanta dan Bank Woori Hadirkan Program KPR Eco Town Sawangan

"Program ini diimplementasikan secara internal dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari seluruh karyawan,” ungkap Nicholas Hum, Group CEO Vasanta Group dalam keterangannya, Selasa (21/5).

Melihat kesuksesan program ini dan antusiasme tinggi dari semua pihak yang terlibat, Vasanta Group berencana untuk lebih luas lagi dalam mempromosikan pengelolaan lingkungan, praktik manufaktur yang etis, dan keterlibatan masyarakat.

“Kami akan melanjutkan program ini dengan fokus pada solusi-solusi yang berkelanjutan khususnya yang berkaitan dengan lini bisnis kami, tren pasar, dan kemajuan teknologi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Gemilang Indonesia Muhammad Nur Azis menyambut baik program Clothes for Charity yang digagas Vasanta Group.

"Banyak sekali manfaat dari program ini, mulai dari mengurangi limbah tekstil, hingga mendukung pemberdayaan masyarakat marginal yang membutuhkan," tuturnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler