Versi Times Higher Education: Universitas Bakrie Raih Peringkat ke-18 di Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 – 16:41 WIB
Universitas Bakrie sukses menyelenggarakan Indonesian Youth SDGs Summit (IYSDGS) untuk ketiga kalinya pada Sabtu (4/5/2024) di GoetheHaus Jakarta. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Bakrie berhasil menempati peringkat ke-18 dalam daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia menurut lembaga pemeringkatan internasional Times Higher Education (THE) pada Juni 2024.

Dari total 3.107 universitas yang ada di Indonesia, pencapaian ini menunjukkan komitmen Universitas Bakrie untuk tidak hanya bersaing di tingkat nasional tetapi juga di arena global. Rekognisi ini secara konsisten diraih oleh Universitas Bakrie sejak 2021.

BACA JUGA: Prof. Dudi Rudianto Dikukuhkan Jadi Guru Besar Universitas Bakrie

Rektor Universitas Bakrie, Prof. Sofia W. Alisjahbana, menyampaikan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh sivitas akademika Universitas Bakrie yang secara konsisten berupaya meningkatkan kualitas akademik dan komitmen terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"Capaian ini adalah hasil dari komitmen tanpa henti dari seluruh tim di Universitas Bakrie untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Kami bertekad untuk menjadi universitas dengan kualifikasi global yang dapat bersaing di tingkat internasional," ujar Prof. Sofia Alisjahbana.

BACA JUGA: Versi QS WUR 2022: UGM Universitas Terbaik di Indonesia

Dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta, Universitas Bakrie juga menunjukkan prestasi luar biasa dengan meraih posisi ke-4 dari total 2.982 Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Posisi ini menegaskan Universitas Bakrie sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Jakarta.

BACA JUGA: Prof Ardiansyah Dikukuhkan Jadi Guru Besar Ilmu Kimia dan Biokimia Pangan di Universitas Bakrie

Upaya ini diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan peringkat Universitas Bakrie di masa depan.

"Kami akan terus mengembangkan strategi yang berfokus pada peningkatan mutu pendidikan dan penguatan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri," tambah Prof Sofia.

Keunggulan Universitas Bakrie tercermin dalam kontribusi nyata pada beberapa poin SDGs, antara lain Zero Hunger (SDGs 2), Quality Education (SGDs 4), Peace, Justice and Strong Institutions (SDGs 16), serta Partnerships for the Goals (SDGs 17).

Dalam bidang Zero Hunger, Universitas Bakrie berperan aktif melalui program-program penelitian dan pengabdian masyarakat yang fokus pada ketahanan pangan, salah satunya ialah kampanye edukasi fungsi tiap jenis pangan yang ideal untuk dikonsumsi dan berbagi bahan pangan kepada berbagai komunitas masyarakat.

Dalam hal Quality Education, universitas ini terus meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian, memastikan lulusan yang dihasilkan memiliki daya saing tinggi di pasar global. Kontribusi pada Peace, Justice, and Strong Institutions diwujudkan melalui program-program yang mendorong perdamaian dan keadilan sosial.

Sementara itu, Partnerships for the Goals tercermin dari berbagai kerja sama strategis yang dibangun dengan institusi pendidikan dan industri di dalam dan luar negeri.

Salah satunya melalui event tahunan Indonesian Youth SDGs Summit (IYSDGs) yang aktif menyebarkan isu-isu seputar agenda berkelanjutan dengan menggandeng puluhan komunitas anak muda, LSM, NGO, dan berbagai pihak di pemerintahan.(dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler