Villarreal Terkapar, Liverpool Buka Kans Rebut Quadruple

Rabu, 04 Mei 2022 – 06:43 WIB
Gelandang Liverpool Fabinho (depan) melakukan selebrasi seusai membobol gawang Villarreal. Foto: Twitter/ligadecampeones.

jpnn.com, VILLARREAL - Villarreal harus mengubur impiannya melaju ke final Liga Champions 2021/22 seusai keok pada semifinal leg kedua, Rabu (4/5) dini hari WIB.

Bertindak sebagai tuan rumah di Estadio La Ceramica, Villarreal kalah 2-3 sehingga membuat agregat gol 2-5 untuk keunggulan Liverpool.

BACA JUGA: Nyaris Tumbang, Liverpool Benamkan Villarreal di Estadio La Ceramica

Villarreal sejatinya unggul terlebih dahulu pada babak pertama melalui Boulaye Dia (3') dan Francis Coquelin (41').

Sayang, keunggulan itu tidak bertahan hingga akhir laga karena Liverpool menyarangkan tiga gol balasan melalui Fabinho (62'), Luis Diaz (67'), dan Sadio Mane (74').

BACA JUGA: Villarreal Tak Pernah Kalah di 12 Laga Kandang, Liverpool Perlu Waspada

Jalannya pertandingan

Pasukan Unai Emery tampil apik pada 10 menit pertama dengan langsung menyerang pertahanan Liverpool.

Strategi tersebut berjalan dengan baik saat Boulaye Dia mencetak gol pembuka pada menit ke-3'.

BACA JUGA: Klopp Siap Beri Selamat ke Villarreal, Cuma Ada Syaratnya

Berawal dari umpan manis Etienne Capoue ke dalam kotak penalti, bola mampu diterima oleh Dia dan sukses membuat Alisson Becker harus memungut bola dari gawangnya.

Unggul 1-0 membuat Raul Albiol dan kawan-kawan semakin bernafsu mencetak gol tambahan untuk mengejar ketinggalan agregat.

Villarreal kemudian sempat menyalakan asa saat Coquelin mencetak gol pada menit ke-41. Gol tersebut membuat agregat menjadi sama kuat 2-2.

Gol lagi-lagi berawal dari umpan Capoue ke dalam kotak penalti yang kali ini dimanfaatkan Coquelin menjadi gol.

Skor 2-0 untuk keunggulan Villarreal bertahan hingga wasit Danny Makkelie dari Belanda meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki paruh kedua, Liverpool yang tertinggal 0-2 memasukan pemain-pemain bertipe menyerang, seperti Luis Diaz.

Hal itu membuat permainan The Reds menjadi lebih hidup, sementara Villarreal sedikit kewalahan menahan Diaz.

Petaka untuk Villarreal akhirnya datang saat Fabinho mencetak gol pada menit 62'. Sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti mampu menembus jala gawang Gerónimo Rulli dan membuat skor berubah 1-2.

Kebobolan satu gol membuat juara Liga Europa 2020/21 itu sedikit panik. Liverpool bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk menciptakan gol penyeimbang pada menit 67’ via Luis Diaz. 

Berawal dari umpan silang terukur Alexander-Arnold, Diaz yang lepas dari pengawalan bek Villarreal mampu menyundul bola tersebut dan membuat skor berubah 2-2. Liverpool kini unggul agregat 4-2 dari Villarreal.

Sadio Mane mempertegas keunggulan The Reds atas Villarreal pada menit ke-74 sekaligus membawa Liverpool melenggang ke final Liga Champions dengan keungglan agregat 5-2.

Petaka untuk Villarreal hadir saat Etienne Capoue menerima kartu kuning keduanya pada menit ke-86. Gelandang Prancis itu pun harus diusir ke luar lapangan.

Skor 3-2 untuk keunggulan Liverpool akhirnya menutup dan membuat anak asuh Jurgen Klopp melaju ke partai pemungkas Champions League.

Ini adalah final ke-10 The Reds pada kompetisi antarklub Eropa tersebut. Liverpool juga berpeluang meraih empat trofi dalam satu musim alias quadruple.

Liverpool sejauh ini sudah menjuarai Piala Liga Inggris serta masih berpeluang merengkuh gelar juara Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Pada partai puncak Liga Champions, Liverpool akan menantangn pemenang laga Real Madrid vs Manchester City.

Adapun untuk Villarreal, kekalahan di semifinal kali ini membuka luka lama saat mereka disingkirkan Arsenal pada semifinal Liga Champions edisi 2005/06.

Saat itu, anak asuh Manuel Pellegrini kalah takluk dengan skor tipis 0-1(mcr16/jpnn)

Susunan Pemain Villarreal vs Liverpool:

Villarreal (4-2-2): Rulli; Foyth, Albiol/Aurier (79'), P. Torres, Estupinan/Trigueros (79'); Lo Celso, Parejo, Capoue, Coquelin/Pedraza (69'); Moreno/Chukwueze (70'), Dia/Alcacer (81')

Pelatih: Unai Emery

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson/Henderson (81'); Keita/Tsimikas (81'), Fabinho/Milner (84'), Alcantara/C. Jones (80'); Salah, Jota/L. Diaz (46'), Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kunci Gelar La Liga, Real Madrid Bidik Man City Jadi Tumbal di Santiago Bernabeu


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler