Visa Pemain Asing Bermasalah

Persiapan Persipura ke Playoff LCA

Selasa, 14 Februari 2012 – 07:11 WIB

JAKARTA- Persipura Jayapura masih belum bisa lega meski dipastikan bisa terbang ke Australia untuk melakoni laga playoff Liga Champions Asia (LCA) melawan Adelaide United. Sampai tadi malam(13/2), visa para penggawa tim asal Papua itu belum dikeluarkan seluruhnya oleh kedutaan Australia.

Menurut ketua harian Persipura La Siya,dari 21 pemain yang akan dibawa, enam pemain masih bermasalah untuk mengurus izin terbang ke negeri Kanguru, julukan Australia. Enam pemain itu antara lain Zah Rahan, Bio Pauline, Ortizan Salossa, Daniel Tata, Victor Pae, dan Yoo Jae Hoon.

"Mereka masih bermasalah dengan paspor dan visanya. Kalau yang lain sudah diurus dan saya yakin tidak ada masalah," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, kemarin petang (13/2).

Ortizan masih harus mengurus paspornya yang hilang, Yustinus dan Daniel belum memiliki paspor. Sedang untuk pemain asing, mereka masih harus mengurus izin untuk keluar kepada Imigrasi agar bsia kembali ke Indonesia setelah berangkat ke Australia. "Kalau Jae Hoon akan kami mintakan visa on call di kedubes RI di Sidney," tambahnya.

Kondisi ini juga dibenarkan oleh pihak yang mengurus visa keberangkatan para pemain dan ofisial Persipura. Lelaki yang tak mau namanya dikorankan itu mengatakan bahwa proses administrasi untuk pemain yang tidak memiliki masalah hampir selesai. Saat dihubungi tadi malam, dia menyebut proses mendapatkan visa sudah 90 persen.

"Saya tinggal menerima visa di tangan karena semua persyaratan sudah dipenuhi dan tidak ada masalah, besok sudah bisa berangkat untuk yang lokal," tuturnya.

Hanya, lelaki berkepala plontos tersebut belum mengetahui bagaimana nasib pemain yang sebelumnya bermasalah. Tapi, dia berkeyakinan jika persyaratan dari Keimigrasian sudah dipenuhi, visa akan gampang didapatkan karena pihak Dubes Australia sangat membantu.

"Kami ada deadline sampai besok jam tiga sore. Besok pagi kami sudah akan dapat kepastian siapa saja yang akhirnya bisa berangkat," ucapnya.

Di sisi lain, untuk persiapan tim Persipura dipastikan tak akan bisa menurunkan kekuatan lokal terbaiknya. Sebab, striker Boaz Salossa mengalami cedera lutut kiri yang membuatnya tidak tampul saat melawan Persija Jakarta pekan lalu.

Meski demikian, Pelatih Persipura Jacksen F Tiago mengaku tidak terlalu khawatir. Pasalnya, dia telah menyiapkan pemain yang dianggap bisa menggantikan posisi seorang Boaz. Nama seperti Emmanuel Padwa, Lukas Mandowen dan Ian Louis Kabes dinilai memiliki kualitas tidak jauh dengan Boaz.

"Mereka nanti akan kami dorong sedikit ke depan. Kami tidak ingin absennya Boaz menjadi masalah karena sebelumnya dia juga pernah tidak memperkuat tim dan tidak ada masalah," tandasnya. 

Dalam sesi latihan di lapangan C Senayan, Jakarta, kemarin pagi, Jacksen terlihat fokus untuk melatih organisasi penyerangan dan sedikit pertahanan. "Di Australia nanti kami tinggal mengasah orgnaisasi pertahanan," ucap pelatiha sal Brazil tersebut.

Persipura dijadwalkan sudah bertolak ke Denpasar, Bali, pada sore nanti. Setelah transit beberapa jam, mereka akan langsung terbang Australia pada malam harinya. (aam)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Muka Lama Sebaiknya Minggir dari PSSI


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler