Viva Mexico dan Indonesia Raya di HUT Kemerdekaan

Jumat, 16 September 2016 – 06:05 WIB
Perayaan HUT Kemerdekaan Meksiko di kediaman dinas Duta Besar Meksiko. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - MEKSIKO baru saja memperingati hari kemerdekaannya pada 15 September, kemarin.  Perayaan HUT kemerdekaan ke 206 ini juga diselenggarakan di kediaman resmi Duta Besar Meksiko untuk Indonesia Federico Salas Lotfe di Jakarta Selatan, Kamis  (15/9) malam.

Pesta kecil nan meriah digelar kedutaan di hari bahagia tersebut. Kedutaan Besar Meksiko mengundang tamu dari kedutaan lain untuk hadir. Terutama dari sesama negara latin. Tak ketinggalan, perwakilan dari pemerintah Indonesia juga diundang. Yaitu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

BACA JUGA: KPK Bisa Jerat Pejabat Indonesia Penerima Suap di Mancanegara

“Kami sangat senang karena semua tamu menikmati peringatan ini, seperti kuliner khas Meksiko, dan tari-tarian karena ini perayaan untuk kami,” ujar Federico pada JPNN.

BACA JUGA: KH Hasyim Muzadi Siap Bantu PDIP Tumbangkan Ahok

Dalam acara peringatan sederhana yang dipimpinnya, Federico meminta mengumandangkan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu. Kemudian disusul dengan lagu kebangsaan Meksiko yang dinyanyikannya bersama dengan warga negaranya yang hadir.

Federico berharap hubungan antara Indonesia dan Meksiko terus berjalan dengan baik. Terutama melalui kerja sama ekonomi.

BACA JUGA: DPD: 2016 Momentum Tepat Amandemen UUD 1945

“Kami berencana mengundang Presiden Joko Widodo untuk datang ke Meksiko,” imbuh Federico.

Di tempat yang sama dalam perbincangan dengan JPNN, Atase Kebudayaan Kedutaan Besar Meksiko, Luna Atzimba mengatakan, di negaranya perayaan kemerdekaan juga dilaksanakan dengan sangat meriah.

Biasanya, kepala negara akan berdiri di mimbar khusus sambil memegang bendera kebangsaaan dan menyampaikan pesan dan doanya untuk bangsa. Sementara itu, untuk peringatan di Indonesia hanya puluhan warga Meksiko untuk merayakan bersama HUT kemerdekaan di kediaman dubes.

“Kami masih punya banyak cita-cita untuk masa depan negara kami. Semoga negara kami lebih baik, lebih jaya. Hubungan kami dengan negara Indonesia juga semakin baik,” ujar Luna.

Namanya juga perayaan kemerdekaan, maka kuliner khas negara pun disajikan untuk para tamu. Di antaranya tacos, tostadas de saipicon, las quessadilas, frijoles refritos dan arros mexicano. Soal rasa, masakan Meksiko memang hampir mirip dengan Indonesia.

Kulinernya banyak menggunakan bumbu rempah-rempah dan tomat di setiap masakannya. Beberapa bumbunya pun hampir serupa dengan masakan rending. Tentunya ini cocok dengan lidah Indonesia.

Usai menikmati kuliner, warga Meksiko dan tamu pun larut dengan lagu-lagu latin yang didendangkan sebuah band. Mereka asyik berdansa dan joget bersama. Terutama warga yang datang dengan memakai pakaian tradisional Meksiko. Riuh, penuh canda tawa dan kehangatan yang tercipta satu dengan yang lain di acara itu. Mereka juga mengajak para tamu menari bersama membentuk lingkaran.

Sementara itu, Menteri Airlangga yang ditemui usai acara mengungkapkan, Indonesia dan Meksiko memang bersahabat baik. Di berbagai kesempatan, Indonesia dan Meksiko menjalin kerja sama. Terutama di bidang ekonomi.

“Indonesia melalui pengusaha juga membangun cabang usahanya di Meksiko. Banyak yang sudah kita kerjakan bersama dengan Meksiko,” kata Airlangga. (flo/jpnn)

 

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Novanto Tuntut Jabatan Ketua DPR? MKD: Itu Kewenangan...


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler