Musim dingin di Australia akan datang pada bulan Mei setiap tahunnya. Biasanya, saat musim dingin tiba, orang-orang akan malas untuk keluar rumah karena suhu udara yang menusuk tulang.

Namun berbeda dengan yang terjadi di Sydney. Jutaan orang justru mendatangi Sydney saat musim dingin tiba.

BACA JUGA: Tren Food Truck di Australia

Sebabnya, pusat Kota Sydney akan bermandikan cahaya ketika musim dingin tiba. Sebuah festival bernama Vivid Sydney rutin digelar untuk memanjakan para wisatawan dan warga Sydney saat musim dingin tiba.

Vivid Sydney sudah 8 tahun berjalan. Vivid digelar di bulan Juni, saat musim dingin dimulai. Festival ini berjalan selama 33 hari nonstop.

BACA JUGA: ELL: Memulai Percakapan di Kantor

Selama festival berlangsung, gedung-gedung di pusat Kota Sydney akan bermandikan cahaya. Lampu-lampu LED dipasang di gedung-gedung tinggi di kota tersibuk di Australia itu.

Sydney Opera House yang menjadi ikon Kota Sydney dijadikan sebagai salah satu tempat atraksi. Gedung berbentuk kapal layar itu dijadikan tempat untuk memainkan video mapping dari berbagai seniman handal.

BACA JUGA: Pasangan Adelaide Ini Bawa Putra Autis Mereka Bersepeda Keliling AS

Saat dilihat dari kejauhan, Opera House nampak seperti dilukis. Namun lukisan itu akan terus bergerak merangkai sebuah cerita. Sungguh sangat indah.

"Tahun ini kami mengangkat tema tentang aborigin. Beberapa video mapping akan menceritakan tentang kehidupan warga aborigin," kata CEO dan Executive Producer Vivid Sydney, Sandra Chipchase kepada detikcom dan 2 media lain yang difasilitasi Australia Plus ABC International. Iluminasi warna-warni cahaya dalam Vivid Festival di Sydney. (Foto: Ikhwanul Khabibi)

Selain Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge yang berada di atas laut juga diterangi dengan lampu berwarna-warni. Jembatan yang juga menjadi salah satu ikon wisata di Sydney itu bersinar terang saat malam hari.

Kapal-kapal yang lalu-lalang di sekitar Sydney Harbour dan Sydney Opera House pun dihiasi lampu warna warni. Laut Sydney yang biasanya gelap saat malam seketika berubah menjadi penuh cahaya terang.

Gedung-gedung tinggi di sekitar pusat Kota Sydney juga dijadikan tempat untuk memainkan video mapping. Bahkan, di gedung yang masih berada di area Sydney Harbour, video mapping yang dimainkan bercerita tentang sejarah negara Australia.

Tak hanya itu, di sepanjang jalan akan ada seni instalasi bercahaya yang begitu menghibur mata pengunjung. Tak kurang dari 28 seniman instalasi cahaya turut ambil bagian dalam festival ini.

"Tahun ini ada 28 seniman dari berbagai negara yang meramaikan Vivid. Bila anda lihat di setiap sudut jalan, itu adalah seni instalasi hasil dari masing-masing seniman," jelas Sandra.

Royal Botanic Garden Sydney yang berada di depan Sydney Opera House juga tidak ketinggalan 'dirias'. Seni-seni instalasi cahaya dibangun di taman yang menjadikan taman kota itu terang benderang saat malam tiba.

Ratusan ribu orang tumpah ruah di sekitar Sydney Opera House setiap malamnya. Dari Sydney Harbour, pengunjung memang bisa menikmati sebagian besar Kota Sydney yang bermandikan cahaya.

"Setiap tahun kami rutin kemari. Musim dingin yang biasanya membuat kami malas keluar rumah, kali ini tidak. Kami bisa menikmati berbagai atraksi yang indah di malam hari," ujar seorang pengunjung, Stella yang membawa serta 3 anaknya. Festival cahaya di kota ini menjadi daya tarik turis mancanegara. (Foto: Ikhwanul Khabibi)

Magnet Jutaan Wisatawan

Festival cahaya bernama Vivid sudah 8 kali digelar di kota tersibuk di Australia itu. Vivid kini bahkan menjadi agenda wisata yang menarik jutaan wisatawan untuk mendatangi Sydney.

Sejak digelar pada 2008, Vivid sudah dimasukkan dalam calender of event pemerintah Sydney. Hasilnya pun luar biasa, tak kurang dari 7 juta orang mengunjungi Sydney dalam 8 kali gelaran Vivid.

Tahun ini saja, ada lebih dari 2,7 juta orang datang ke Sydney untuk menikmati Vivid. Tujuan para wisatawan tentu saja hampir sama, yakni menikmati Kota Sydney yang bermandikan cahaya.

"Vivid selalu sukses menjadi magnet bagi wisatawan. Bila biasanya wisatawan akan datang saat musim panas, maka saat ini berbeda. Mereka justru datang di musim dingin karena Vivid," ujar CEO dan Executive Producer Vivid Sydney, Sandra Chipchase.

Vivid Sydney ternyata juga menarik para wisatawan dari Indonesia. Puluhan ribu wisawatan dari Indonesia mengunjungi Sydney saat Vivid berlangsung.

"Sulit untuk menghitungnya, namun setidaknya ada 52 ribu wisatawan asal Indonesia yang datang ke sini," jelas Sandra.

Festival cahaya inipun mendatangkan begitu banyak keuntungan bagi Kota Sydney. Saat Vivid berlangsung, tingkat hunian hotel meningkat drastis. Para wisatawan harus memesan hotel jauh-jauh hari bila ingin kebagian kamar.

Para pengusaha di bidang jasa pariwisata juga tentu kebanjiran rezeki. Karena setiap malamnya, Kota Sydney akan dibanjiri ratusan ribu orang. Sydney Harbour dan area di sekitar Sydney Opera House menjadi pusat keramaian.

Lihat Artikelnya di Australia Plus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Chris Hemsworth Syuting Film Thor Terbaru di Jalanan Brisbane

Berita Terkait