Voli Ogah Langsung 100 Persen

Sabtu, 10 Agustus 2013 – 11:52 WIB

JAKARTA - Tidak semua cabang olahraga (cabor) mengikuti instruksi Satlak Prima soal pengerucutan atlet bulan ini. Bola voli indoor salah satunya. Skuad voli putra dan putri tetap mempertahankan jumlah 16  orang untuk menjalani pelatnas.
     
PP PBVSI sebagai induk organisasi mengambil langkah ini karena pelatnas voli termasuk yang menggelar terlambat. Kompetisi Proliga yang baru berakhir Mei lalu menjadi alasan. Praktis pelatnas baru berjalan bulan lalu.
     
Wakabinpres PP PBVSI Yamin Nuriman menuturkan keputusan ini sudah disepakati dalam rapat bersama. Sesuai Surat Keputusan Satlak Prima memang hanya 12 nama putra dan putri yang ditanggung.
     
"Dari Satlak Prima memang  sudah 100 persen yang dibiayai. Tetapi PBVSI menanggung empat orang di tiap kategori untuk jaga-jaga. Jadi, saat ini masih 16 pemain. Untuk tim inti SEA Games, mungkin baru akan Oktober terbentuk," tutur Yamin.
     
Pria asal Bandung itu menuturkan plafon uang saku dan gizi delapan pemain yang menjadi tanggungan PBVSI jumlahnya disesuaikan dengan mereka yang mendapat jatah Satlak Prima. Yakni, Rp 3 juta per atlet.
     
Pelatih pelatnas tim voli putra Ibarsjah Danu Tjahjono mendukung langkah antisipatif pengurus dengan mempertahankan 16 pemain di Padepokan Voli, Sentul. Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, cedera saat skuad inti sudah terbentuk memang menjadi momok.
     
Mengenai kualitas pemain, Ibar, sapaan Ibarsjah Danu Tjahjono, sudah ada peningkatan. Berkumpul sejak bulan lalu, soliditas tim membaik. Voli putra sendiri ditarget meraih medali emas di SEA Games Myanmar mendatang. Tahun 2011 lalu, Indonesia kalah dari Thailand di final.
    
Ibar sendiri belum mau bicara siapa saja tim intinya. "Masih ada dua kejuaraan lagi sampai dengan SEA Games. Pertama adalah lanjutan kualifikasi Kejuaraan Dunia yang masih kita tunggu tanggalnya, serta Islamic Solidarity Games (ISG). Namun, bersamaan dengan ISG, ada Kejuaraan Asia. Jadi ikut yang mana, kami menunggu kebijakan PBVSI saja," jelas Ibar. (dra/ham)

BACA JUGA: Arsenal Berbekal Mental Tatap Liga Champions

BACA ARTIKEL LAINNYA... Owi dan Butet Melaju ke Semifinal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler