Wacana Pemulangan WNI Eks ISIS, Anggota Komisi I Ini Dukung Sikap Jokowi

Sabtu, 08 Februari 2020 – 18:53 WIB
Para anggota ISIS. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyambut positif pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkaitan dengan wacana dipulangkan atau tidaknya WNI eks ISIS dari Timur Tengah.

Menurut dia, pernyataan Jokowi itu sudah tepat sehingga pejabat lain perlu mengikutinya.

BACA JUGA: Pernyataan Keras Ganjar Pranowo, Tolak WNI eks ISIS Kembali ke Jateng

"Pak Jokowi sudah memberi sinyal tidak akan menyetujui (pemulangan WNI eks ISIS). Jadi, kami harap jangan lagi dilontarkan ke publik ini," kata Effendi ditemui di Jakarta Pusat, Sabtu (8/2).

Effendi mengaku tidak ingin WNI eks ISIS dipulangkan ke Indonesia. Terlebih lagi, WNI eks ISIS sudah gugur kewarganegaraannya sebagai Indonesia.

BACA JUGA: Wapres Maruf Amin Diminta Ambil Alih Wacana Pemulangan WNI Eks ISIS

"Ya, kami terus terang menolak dengan tegas untuk rencana atau wacana pemerintah untuk mengembalikan, memulangkan eks WNI. Saya bilang eks, karena mereka sudah gugur secara kewarganegaraan," beber politikus PDIP tersebut.

Sebelumnya, Presiden Jokowi turut berkomentar terkait rencana pemulangan ratusan WNI eks ISIS dari Timur Tengah. Jokowi menolak rencana itu, tetapi masih perlu dibahas di dalam rapat kabinet.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Silakan Pilih Ada FPI, Anies Baswedan, dan Informasi Gaji PPPK

"Kalau bertanya pada saya, ini belum ratas, loh, ya, kalau bertanya pada saya, saya akan bilang 'tidak'. Namun, masih dirataskan," kata Jokowi di Istana Negara beberapa waktu lalu. (mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler