Wacana TNI Masuk KPK, Bisa jadi Untung dan Buntung

Jumat, 08 Mei 2015 – 11:05 WIB
Ilustrasi. FOTO: dok

jpnn.com - JAKARTA - Wacana dari KPK yang meminta penyidik dan sekjen dari unsur TNI dipertanyakan banyak kalangan. Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti, wacana itu sangat sulit disetujui.

"Bagaimanapun, pengiriman itu jika dalam posisi sebagai TNI aktif, akan dapat mengganggu upaya menjadikan TNI sebagai aparatur pertahanan negara. Kita sebaiknya menjaga agar bangunan yang sudah tepat ditata, tidak dikembalikan lagi ke belakang," ujar Ray kepada JPNN, Jumat (8/5).

BACA JUGA: Menteri Rini Dinilai Bisa Rusak Reputasi Jokowi

Meski begitu, Ray mengakui bahwa wacana tersebut hadir karena adanya kegeraman banyak pihak atas situasi yang berkembang antara KPK dengan Polri. 

Hampir dalam 4 bulan terakhir, kata dia, perhatian publik banyak disita oleh konflik KPK dan Polri. Bahkan, tuturnya, pada tingkat tertentu, konflik itu sudah pada taraf pengabaian atas berbagai instruksi dan perintah Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu publik khawatir atas nasib KPK.

BACA JUGA: Menteri Rini: Tanyakan Itu ke Menteri ESDM

Selain itu, Ray pun mengakui apabila wacana tersebut diwujudkan, maka akan sangat membantu KPK untuk tidak selalu tergantung pada para penyidik kepolisian.

Pasalnya, ketergantungan itu menyebabkan Polri sewenang-wenang. Terbukti, kata Ray, setiap kasus yang menimpa oknum kepolisian akan selalu menimbulkan ketegangan dua institusi negara ini. Polri pun cenderung mengambil para penyidiknya saat bermasalah dengan KPK.

BACA JUGA: Sebut Hakim sebagai Wakil Tuhan, Leo Nababan Yakin Munas Ancol Menang

"Maka dengan keberadaan TNI di dalam unsur penyidik akan dapat menurunkan ketergantungan KPK sekaligus ancaman-ancaman untuk ditetapkan sebagai tersangka akan makin sedikit. Oleh karena itu, permintaan KPK dan kesediaan TNI untuk berpartisipasi baiknya tetap dipandang sebagai bagian dari keresahan dan keinginan kedua belah pihak agar untuk pemberantasan korupsi," imbuhnya.

Ray berharap semua pihak dapat melihat secara seimbang wacana itu. Meski di sisi lain permintaan itu cukup menuai kontroversi. “Kehadiran penyidik dari TNI setidaknya akan membuat polisi lebih bersikap hormat dan bersahabat," tandas Ray. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Amien Rais Bilang, jika Menteri Ini Diganti, Negara terasa Sejuk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler