Waduh, Jangan Tidur Berlebihan, Ini 5 Efek Sampingnya

Selasa, 05 Januari 2021 – 07:15 WIB
Ilustrasi tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MEMANG benar, tidur malam yang nyenyak penting untuk kesehatan.

Namun, tidur berlebihan telah dikaitkan dengan sejumlah masalah medis, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan peningkatan risiko kematian.

BACA JUGA: Bahaya Tidur Berlebihan Saat Weekend

Berikut ini beberapa efek samping tidur berlebihan, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Diabetes

BACA JUGA: Kurang Tidur Sebabkan Emosi Berlebihan?

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan tidur terlalu lama atau kekurangan tidur setiap malam bisa meningkatkan risiko diabetes.

Terlebih, kebanyakan tidur yang sering juga disebut hypersomnia ini juga merupakan salah satu gangguan tidur yang tentunya berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA: Pengobatan Alami Mengatasi Sakit Kepala

2. Depresi

Walau insomnia adalah penyakit yang sering dikaitkan dengan depresi, tetapi faktanya 15 persen orang yang depresi sering kebanyakan tidur (hypersomnia).

Ini membuat depresi mereka semakin parah, karena pola tidur yang baik dan cukup adalah cara ampuh untuk menyembuhkan depresi.

3. Penyakit Jantung

Sebuah data dari penelitian Nurses Health Study menguak fakta, wanita yang tidur 9-11 jam per malam mengalami peningkatan risiko terkena penyakit jantung sebanyak 38 persen dibandingkan dengan wanita yang tidur 8 jam per malam.

4. Sakit Kepala

Bagi orang yang rentan mengalami sakit kepala, kebanyakan tidur atau tidur lebih lama daripada biasanya bisa menyebabkan sakit kepala.

Para ahli percaya ini disebabkan oleh beberapa neurotransmitter tertentu di otak (termasuk serotonin) yang terdampak oleh kebanyakan tidur.

5. Obesitas

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit sama-sama bisa bikin obesitas.

Ada studi yang membuktikan mereka yang tidur selama 9 atau 10 jam per malam, maka 21 persen lebih mudah mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 sampai 8 jam per malam.(genpi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler