Wagub Mawardi: Pemprov Sumsel Bersinergi Dengan Pemerintah Pusat Tuntaskan Berbagai Isu Nasional

Sabtu, 25 Februari 2023 – 22:18 WIB
Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya menghadiri langsung Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertema Menyongsong Pemerintahan Baru PascaPilpres 2024. Foto dok APPSI

jpnn.com, SUMATERA SELATAN - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya menghadiri langsung Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertema Menyongsong Pemerintahan Baru PascaPilpres 2024.

Raker yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo ini dihadiri sejumlah menteri dan kepala dearah provinsi di Ballroom Hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur.

BACA JUGA: Jika Disandingkan di Pilpres 2024, Ganjar-Erick Diprediksi Bakal Raih Suara Besar

Raker tersebut membahas sejumlah isu nasional di antaranya penurunan stunting, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, investasi dan lain-lain.

Wagub Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, rakornas digelar membahas barbagai program serta permasalahan dan upaya dalam mengatasinya.

BACA JUGA: Terima Kunker Komisi X DPR, Wagub Mawardi Paparkan Capaian Pemprov Soal Ini

Pemprov Sumsel lanjut dia, sejauh ini sudah melakukan berbagai upaya yang sejalan dengan program pemerintah pusat dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

"Dalam mengentaskan kemiskinan, kami ada program mandiri pangan, menurunkan angka stunting, kemudahan perizinan agar dapat investasi dan lain lain, intinya kamu bergerak cepat," ujarnya.

BACA JUGA: Jalan Tol Semarang Demak Seksi 2 Milik Anak Usaha PT PP Siap Beroperasi

Sementara itu, Asisten 1, Edward Chandra menambahkan, pemerintah provinsi juga konsen terhadap penurunan stunting sesuai dengan rakor dan arahan pemerintah pusat.

Menurutnya hal itu dibuktikan dengan adanya penurunan angka angka stunting yang signifikan di mana angka stunting dari 24,8 persen menjadi 18,6 persen.

"Dan pak gubernur  mendapat apresiasi dari BKKBN Pusat yang berhasil menurunkan angka stunting. Pak gub juga berikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota karena penurunan stunting tidak lepas dari peran mereka," jelasnya.

Tak hanya stunting, lanjut Edward, Pemprov Sumsel juga memberikan kemudahan izin agar investasi terus meningkat dan berdampak pada pertumbuhan ekomoni.

"Tentu izin usaha menjadi penting untuk iklim investasi di Sumsel. Ada berapa lokasi dan semua dipermudah izin-izinnya," terangnya.

Untuk Rakornas APPSI sendiri, lanjutnya, membicarakan program-program pemerintah ke depan pasca Pilpres 2024 sesuai dengan tema.

"Pemerintah pusat juga meminta kepada pemerintah daerah ikut menyukseskan, menjaga keamanan jelang pemilu nanti," katanya.(adv/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler