Waketum MUI Tegaskan Terorisme Sudah Jadi Musuh Bersama

Senin, 14 Mei 2018 – 05:41 WIB
Majelis Ulama Indonesia (MUI). Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kecaman atas aksi peledakan bom yang terjadi di tiga gereja, Surabaya, yakni GKI Diponegoro, di Gereja Santa Maria, dan Gereja Pantekosta Arjuno, kembali disuarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurut

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi ikut mengecam aksi teror terhadap tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5). Menurutnya, teror yang menelan belasan korban jiwa itu merupakan tindakan di luar nalar akal sehat yang sudah melampaui batas nilai kemanusiaan. 

BACA JUGA: Pimpinan Ormas Katolik Mengecam Aksi Kejahatan Terorisme

"Pelakunya patut diduga adalah orang yang tidak beragama dan sudah hilang rasa kemanusiaannya. Atas dalih apa pun tindakan tersebut tidak dibenarkan karena bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran agama," ujarnya.

Zainut menengarai aksi teror di Indonesia berkaitan dengan jaringan terorisme internasional. Jika terorisme tak bisa ditumpas, katanya, maka hal itu akan terus menjadi ancaman serius bagi keamanan negara dan umat manusia. 

BACA JUGA: Mervin Komber Kecam Aksi Teror Bom di Surabaya

Untuk itu Zainut meminta aparat keamanan untuk segera menangkap dalang aksi teror tersebut dan membasmi sampai ke akar-akarnya. MUI juga mengajak seluruh pimpinan umat beragama dan masyarakat Indonesia untuk menyatakan perang melawan terorisme. 

Zainut menegaskan, terorisme merupakan kejahatan terhadap negara, agama dan nilai-nilai kemanusiaan. Karena itu, terorisme harus menjadi musuh bersama.

BACA JUGA: Bom Surabaya, Presiden Joko Widodo Diminta Evaluasi BIN

"Kami menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga korban aksi terorisme semoga diberikan kesabaran, penghiburan dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa," pungkas Zainut.(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perketat Keamanan, Menhub Cek Keamanan Bandara Soetta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bom Surabaya   Surabaya   MUI   teroris   terorisme  

Terpopuler