Wakil Kepala BPIP Tinjau Lokasi Upacara Menjelang Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Kamis, 30 Mei 2024 – 04:47 WIB
Wakil Kepala BPIP Dr. Rima Agristina (tengah) bersama Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto saat melakukan pemantauan kesiapan lapangan upacara dan perangkat upacara menjelang peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau, Rabu (29/5). Foto: Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) BPIP Dr. Rima Agristina bersama Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto pada Rabu (29/5/2024) melakukan pemantauan kesiapan lapangan upacara dan perangkat upacara menjelang peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau.

Dia melakukan peninjauan tersebut di tengah pelaksanaan geladi kotor persiapan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

BACA JUGA: Gelar Kirab Pancasila 2024, BPIP Membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 300 Meter

Rima meninjau kesiapan lapangan upacara serta segala perlengkapan yang akan didirikan di sekitarnya.

Dalam peninjauan kesiapan itu, Rima juga menginstruksikan agar tenda dan panggung yang akan digunakan pada upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 segera dibangun. Pasalnya, waktu persiapan menuju Harlah Pancasila 1 Juni 2024 tersisa dua hari lagi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan

Prajurit TNI sebagai peserta upacara saat geladi kotor menjelang peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Provinsi Riau, Rabu (29/5). Foto: Humas BPIP

BACA JUGA: BPIP Gandeng Content Creator untuk Menggaungkan Spirit Pancasila

“Tenda, dan juga segala perlengkapan yang akan digunakan, panggung untuk berdiri inspektur upacara segera dibangun dan dipastikan kekokohannya untuk menopang inspektur upacara saat pergelaran upacara 1 Juni nanti,” ujarnya.

Selain kesiapan lapangan dan kelengkapannya, pergelaran pasukan, Paskibraka dan peserta upacara juga tak luput dari perhatian Pengarah Paskibraka Tingkat Pusat itu.

Terlihat juga, koordinasi lintas kementerian/lembaga serta pemerintah daerah terus dilakukan dalam rangka mempersiapkan upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024.

Hadir dalam koordinasi di lapangan upacara, Pangdam I/Bukit Barisan serta Jajaran, Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Kepala Kesbangpol Kota Dumai, Perwakilan dari Pertamina Hulu Rokan, dan Perwakilan dari Polda Riau.

Turut mendampingi Wakil Kepala dan Sekretaris Utama BPIP, Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat dan Administrasi BPIP dan Kepala Biro Hukum dan Organisasi BPIP.

Setelah meninjau kesiapan lapangan upacara dan geladi kotor, Wakil Kepala BPIP didampingi Plt. Direktur Penyelenggara Program Paskibraka, Jajaran Pengurus DPPI dan Tim Kesehatan melakukan peninjauan ke Hall DCC Pertamina Hulu Rokan yang sedianya akan digunakan sebagai alternatif tempat upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 jika cuaca di Dumai hujan pada saat pelaksanaan upacara.

Dia juga meninjau Executive Messhall DCC yang akan digunakan sebagai tempat konferensi pers bersama media pada Kamis (30/05).

Saat meninjau Executive Messhall DCC, Wakil Kepala BPIP sempat berdialog dengan pegawai Pertamina Hulu Rokan yang kebetulan tengah bekerja di sana.

Dialog yang dilakukan seputar latar belakang pendidikan dan pekerjaan dari para pegawai. Selain itu, mendiskusikan jarak dari tempat tinggal ke Pertamina Hulu Rokan Dumai.

Dialog berjalan dengan penuh canda tawa dan keakraban.

Turut hadir dalam pemantauan tersebut, Jajaran dari TNI, Polri, Timkes PHR dan Timkes Paskibraka serta Pemerintah Provinsi Riau.

Dia berharap saat pelaksanaan upacara peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024 cuaca akan bersahabat agar upacara tetap bisa diselenggarakan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai Riau.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler