Walhi Desak Pemerintah Perhatikan Alih Fungsi Lahan

Senin, 30 Maret 2009 – 15:04 WIB
JAKARTA- Tragedi Situ Gintung yang menewaskan ratusan jiwa mestinya menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah dan masyarakat luas untuk lebih memperhatikan kelestarian alam.

Direktur Eksekutif Walhi, Berry Nahdian Furqon kepada JPNN mengatakan bahwa pemerintah harus lebih memperhatikan keberadaan situ-situ dan dam-dam besar yang ada di Jabodetabek dan seluruh Indonesia.

“Selain tanggap darurat, yang paling penting  perhatian pemerintah harus mengevaluasi tanggul-tanggul, situ-situ dan dam-dam besar, baik yang ada di Jabodetabek maupun di seluruh Indonesia,” kata Berry.

Berry juga mendesak agar pemerintah lebih memperhatikan alih fungsi kawasan di areal situ atau dam“Kerusakan daerah aliran sungai di hulu lahan harus di restorasi (pemulihan, red),” imbuhnya.

Ditambahkan, agar di kemudian hari tidak terjadi lagi kasus serupa, Walhi mendesak pemerintah untuk lebih memperhatikan lagi pengembangan pemukiman, terutama menyangkut daerah-daerah yang menjadi kawasan ekologi seperti situ dan aliran sungai lainnya.(fuz/JPNN)

BACA JUGA: Sebanyak 189 Situ di Jabotabek Aman

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Dinilai Tak Konsisten


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler