Wali Kota Jayapura Minta Gubernur Papua Membantu Penanganan Covid-19 

Minggu, 25 Juli 2021 – 17:00 WIB
Wali Kota Jayapura, Provinsi Papua Benhur Tomi Mano. (FOTO ANTARA/Evarukdijati)

jpnn.com, JAYAPURA - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano meminta Gubernur Papua Lukas Enembe membantu penanganan Covid-19 di kota itu.

Sebab, kata Benhur, saat ini pihaknya tidak hanya menangani warga dengan kartu tanda penduduk (KTP) Kota Jayapura saja, tetapi juga dari luar daerah. 

BACA JUGA: RSUD Jayapura Berencana Memproduksi Oksigen Medis Secara Mandiri

Dia menuturkan Pemerintah Kota Jayapura sudah mengirim surat kepada Gubernur Papua Lukas Enembe sejak Jumat (15/7) lalu.

“Memang benar, Pemkot Jayapura sudah bersurat kepada gubernur Papua sejak Jumat (15/7) terkait permohonan dana bantuan penanganan Covid-19,” kata Benhur kepada ANTARA di Jayapura, Minggu (25/7).

BACA JUGA: Lukas Enembe Minta Warga Papua Bersiap untuk Lockdown 1 Bulan

Dia menjelaskan dalam surat tersebut sudah diungkapkan bahwa dana itu digunakan untuk menangani warga non-KTP Kota Jayapura yang menjalani isolasi terpusat di LPMP Kotaraja. Sebab, sejak dibuka 28 Juni 2021, telah merawat 70 orang warga yang bukan ber-KTP Kota Jayapura.

"Adapun dana yang dibutuhkan yakni sebesar Rp 2,3 miliar, yang akan digunakan untuk menangani warga positif COVID-19 yang tidak ber-KTP Kota Jayapura hingga bulan Desember mendatang," katanya.

BACA JUGA: TNI AL Menuntaskan Bedah Rumah Juru Parkir yang Anaknya Meraih Adhi Makayasa AAL 

Dia mengakui bahwa  surat tersebut hingga kini belum mendapat balasan dari gubernur Papua apakah akan dibantu atau tidak.

"Walaupun belum ada jawaban namun kami tetap merawat mereka yang positif Covid-19 secara gratis seperti halnya warga Kota Jayapura," katanya. 

Dia menegaskan bahwa hal itu dilakukan semata-mata demi kemanusiaan.

Pemkot Jayapura berharap gubernur Papua mau membantu dana yang dibutuhkan tersebut.

Sehingga dapat meringankan beban Pemkot Jayapura.

Apalagi, saat ini terjadi peningkatan kasus positif Covid-19, bahkan di LPMP sekarang menampung 180 orang.

“Secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Kota Jayapura hingga Sabtu (24/7) tercatat 10.944 orang, 9.383 orang sembuh, 1.348 orang dirawat dan 213 orang meninggal,” kata Benhur Tomi Mano yang akrab disapa BTM, itu. (antara/jpnn) 

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler