Walikota Tangerang Targetkan Beasiswa Warga Miskin

Jumat, 25 April 2014 – 17:12 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Kota Tangerang, Banten, termasuk satu dari 10 daerah yang menerima Tanda Kehormatan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha dari pemerintah.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Tangerang Arief Wismansyah dari Wakil Gubernur Banten Rano Karno di hadapan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Mendagri Gamawan Fauzi di Istana Negara, Jakarta, Jumat, (25/4).

BACA JUGA: Petugas Pemadam Kebakaran Kesulitan Padamkan Api di Pasar Senen

Usai penerimaan itu, Arief mengaku tak menyangka wilayahnya menjadi salah satu yang terpilih sebagai penerima penghargaan.

"Ini menjadi motivasi kami di pemerintah Kota Tangerang dalam rangka memberikan pelayanan  yang terbaik bagi masyarakat," ujar Arief.

BACA JUGA: KPAI Audiensi dengan DPR

Penilaian dari Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tersebut, kata Arief, diharapkan benar-benar menjadi tolak ukur bagi pemerintah Tangerang. Untuk targetnya ke depan, kata Arief, Pemkot Tangerang akan membuat program "Tangerang Cerdas".

"Ini kami sedang menargetkan Tangerang cerdas. Yaitu memberikan beasiswa bagi masyarakat miskin di Tangerang, dan juga memberikan jaminan semua masyarat Tangerang untuk bisa sekolah," ujarnya.

BACA JUGA: Selain di Pasar Senen, Kebakaran Juga Terjadi di Dekat Pasar Minggu

Sebelumnya, Dirjen Otda Kemendagri Djoehermansyah Djohan mengatakan penilaian pemberian penghargaan ini didasarkan pada bagaimana daerah  menjalankan 34 urusan yang diserahkan pusat ke daerah.

Kriteria penilaian mencakup 600-an item. Tangerang misalnya, kata dia,  mendapat Parasamya Purnakarya Nugraha karena pelayanan publik maju, pelayanan pemerintahan memilik skor tinggi, pelibatan masyarakat cukup baik.

Sejumlah daerah yang tahun lalu menonjol seperti Surabaya, Bojonegoro, Bantaeng, Bandung , dan DKI Jakarta, tahun ini tidak mendapat penghargaan  ini karena  prestasinya masih bersifat sektoral alias belum menyeluruh mencakup aspek-aspek kewenangan  daerah.

Selain itu beberapa daerah juga baru setahun atau dua tahun menunjukan prestasi yang signifikan. (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dugaan Pasar Senen Sengaja Dibakar Harus Ditindaklanjuti


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler