Wamendag Minta Hipakad Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Rabu, 09 Oktober 2024 – 20:01 WIB
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga bersama Ketum Hipakad Hariara Tambunan dan Direktur Bela Negara Kemhan Brigjen TNI G. Eko Sunarto. Foto: Hipakad.

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta agar Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) mengawal masa transisi pergantian kepemimpinan nasional, dari Presiden Joko Widodo ke presiden terpilih hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto.

Jerry menilai peran nyata sangat diperlukan mengingat Hipakad merupakan organisasi beranggotakan putra-putri TNI AD, di mana TNI selama ini dikenal dekat dengan masyarakat dan senantiasa menjaga keutuhan NKRI.

BACA JUGA: Hipakad Siap Dukung TNI Kawal Suksesi Kepemimpinan Nasional yang Baru

Jerry menyampaikan harapannya saat memberikan sambutan pada pelantikan DPC Hipakad Jakarta Barat 2024-2029 di Gedung MH Thamrin, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (8/10).

"Sebagai bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia dan keluarga besar TNI AD dan Mabes TNI, Hipakad harus turut serta berkontribusi menyosialisasikan program-program pemerintah mendatang dan memastikan masyarakat memahami langkah-langkah yang akan diambil Pak Prabowo dan Mas Gibran untuk memajukan Indonesia," ujar Jerry dalam sambutannya.

BACA JUGA: Lewat Hilirisasi Nikel, Fokus Pemerintahan Prabowo-Gibran Ingin Ekonomi Tumbuh 8 Persen

Cucu Mayjen TNI (Purn) R Soekardi ini menyatakan bahwa mengawal transisi kepemimpinan bukan hanya tugas pemerintah, tetapi masyarakat sipil termasuk Hipakad.

"Transisi ini penting dan kesuksesannya akan menentukan arah bangsa ke depan. Semoga Hipakad di bawah kepemimpinan senior saya Bang Hariara Tambunan dan seluruh masyarakat Indonesia dapat berperan aktif mengawal Pak Prabowo dan Mas Gibran di periode pemerintahan 2024-2029,” katanya.

BACA JUGA: Soal Kemungkinan PDIP Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran, Puan: InsyaAllah

Hadir antara lain Umum DPP Hipakad Hariara Tambunan, Dirjen Pothan Kemhan diwakili Direktur Bela Negara Brigjen TNI G. Eko Sunarto.

Kemudian, Ketua DPC Hipakad Jakarta Barat Bryan Ghautama, Ketua dan Pengurus DPC Hipakad se-DKI Jakarta, Pengurus PPID, LVRI, FKPPI, KBPPP dan ormas sahabat Hipakad.

Dalam sambutannya Jerry lantas membeber keberhasilan Kemendag di dua periode kepemimpinan Jokowi. Menurutnya, Kemendag mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai 5.05 persen dan menduduki peringkat kedua setelah Tiongkok pada 2024.

Dia juga menyebut nilai inflasi Indonesia tergolong rendah yakni 2,1 persen, lebih baik dibandingkan Amerika Serikat 3,00 persen, Australia 3,60 persen, India 5,10 persen, dan Australia 71,60 persen.

Kemudian, nilai ekspor juga tetap surplus di saat gejolak ekonomi global. Menjadi salah satu indikator perekonomian di Indonesia di bawah pemerintahan Joko Widodo relatif membaik.

"Pencapaian positif dari program-program ini adalah bukti konkret Indonesia bisa bersaing di kancah global dan menjaga kesejahteraan rakyat di dalam negeri," ucapnya.

Untuk itu Jerry berharap pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya dapat melanjutkan visi besar Presiden Jokowi.

"Dengan kepemimpinan yang baru saya optimistis capaian positif ini dapat diteruskan bahkan ditingkatkan," katanya.

Sementara itu Direktur Bela Negara Brigjen TNI G. Eko Sunarto meminta Keluarga Besar Hipakad tetap kompak dan solid mewujudkan komitmen menghadirkan sense of belonging warga negara dalam mewujudkan pertahanan negara yang kuat.

"Peningkatan jumlah generasi bangsa dengan usia produktif seiring adanya bonus demografi, diharapkan mampu menjadi garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya.

Untuk itu, dia menilai kompetensi yang berdaya saing serta karakter bangsa yang kuat penting dimiliki setiap generasi muda.

Brigjen Eko optimistis hal ini akan terwujud di era pemerintahan Prabowo-Gibran yang telah mencanangkan program makan bergizi gratis.

"InsyaAllah menjadi salah satu inisiatif dan langkah awal pemerintah yang akan datang dalam membangun kompetensi generasi bangsa yang berdaya saing, melalui peningkatan gizi dan kesehatan sebagai fondasi penting untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai bekal mencapai visi Indonesia Emas 2045," katanya.

Pandangan senada dikemukakan Ketua Umum Hipakad Hariara Tambunan.

Hipakad, kata dia tegak lurus satu komando mendukung penuh transisi kepemimpinan menuju pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Hipakad akan menjadi garda terdepan dalam memastikan keberlanjutan capaian positif dari program-program yang telah ditorehkan di era Presiden Jokowi, khususnya dalam bidang perdagangan yang sudah membawa dampak besar bagi perekonomian Indonesia," kata alumni FE dan FH dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta ini.

Hariara juga mengatakan program kerja Pemerintahan Prabowo-Gibran penting mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen masyarakat.

“Kepemimpinan baru adalah momen krusial bagi Indonesia dan Hipakad siap mengawal dan menjadi pionir dengan mengajak seluruh organisasi masyarakat (ormas) lainnya mendukung transisi kepemimpinan ini. Kami akan memastikan roda pemerintahan berjalan lancar dan seluruh capaian positif yang telah diraih Jokowi dapat ditingkatkan,” ucapnya.

Salah satu program andalan pemerintahan Prabowo-Gibran yang disoroti oleh Hariara Tambunan adalah program makan siang bergizi gratis bagi anak-anak. Dia menilai program tersebut sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup generasi mendatang.

"Hipakad siap mensosialisasikan dan mengawal program-program seperti ini, yang sangat bermanfaat bagi anak-anak bangsa. Kami percaya dengan gizi yang baik, stunting tak akan ada lagi, anak-anak Indonesia akan tumbuh menjadi generasi yang unggul dan siap bersaing di kancah global," kata Hariara.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pleno AMPI Ricuh, Pengurus Ajukan Mosi Tidak Percaya Terhadap Ketua Umum


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler