Wapres Ma'ruf Amin akan Buka Kongres Perhimpunan Alumni Jerman

Kamis, 21 Januari 2021 – 08:49 WIB
Para anggota Perhimpunan Alumni Jerman jelang kongres. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ) akan menggelar kongres ke-9 yang akan dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ketua Organizing Committe (OC) Kongres IX PAJ Achmad Buchori mengatakan, kongres akan digelar pada Sabtu 30 Januari mendatang di Hotel Pullman Jakarta. Sebelum kongres, akan dilangsungkan pra-kongres pada Sabtu (23/1).

"Saat ini kami sedang mempersiapkan secara teknis gelaran pra-kongres dan kongres. Karena di masa pandemi (Covid-19), Kongres PAJ akan berlangsung dengan menerapkan aturan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19," jelas Achmad.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Peringatan Keras dari Calon Kapolri, Pinangki Menangis, Kisah Pramugari Sriwijaya Air SJ 182

Menurutnya, Wapres Ma'ruf Amin akan membuka kongres secara virtual. Selain itu, sejumlah pejabat negara, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, juga akan menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan kongres dengan cara yang sama.

Achmad menambahkan, gelaran pra-kongres yang akan digelar di Sekretariat PAJ, Sabtu (23/1), adalah untuk mematangkan perubahan AD/ART organisasi.

BACA JUGA: Fakta-Fakta Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris: Bersumpah di Depan Injil Berusia 123 Tahun

Perubahan AD/ART adalah amanat kongres sebelumnya, namun sama sekali tidak dilaksanakan oleh pengurus PAJ yang saat ini sudah demisioner.

Dewan Pengawas PAJ, lanjutnya, telah membentuk Steering Committe (SC) dan OC untuk pelaksanaan Kongres IX PAJ, lantaran pengurus sebelumnya tidak pernah melaksanakannya.

BACA JUGA: Respons Wapres Maruf Amin Setelah MUI Umumkan Fatwa Halal Vaksin Covid-19

Padahal, seyogyanya kongres berlangsung selambatnya November 2020, masa akhir kepengurusan periode lalu.

Kalaupun sebelumnya ada pihak yang mengklaim PAJ telah melaksanakan kongres pada pertengahan Desember tahun lalu, menurut Achmad itu tidak benar.

Achmad memastikan kongres itu tidak sah. Pasalnya, kepengurusan sudah berakhir pada November 2020. Lagi pula peserta yang hadir hanya sedikit alias tidak kuorom.

Pada kesempatan itu, Achmad yang didampingi Ketua SC Aldrin Situmean, Bendahara OC dan SC Happy Hutagalung, dan anggota SC Odjak Silalahi, mengajak seluruh anggota PAJ untuk turut serta dalam kongres nanti.

Meski kehadiran fisik dibatasi, tetapi pihaknya telah menyiapkan mekanisme webinar. Agenda utama dalam kongres yang bertema "Membangun SDM untuk Indonesia Maju" itu adalah pemilihan ketua untuk kepengurusan hingga tiga tahun ke depan, dan pengesahan AD/ART hasil penyempurnaan pada pra-kongres.

"Hingga saat ini sudah 250 lebih yang terkonfirmasi. Dan, sudah empat balon (bakal calon) ketua yang ikut di bursa pemilihan ketua," pungkas Achmad. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler