Wapres Minta Moda Transportasi Jangkau Seluruh Lapisan Masyarakat, Terapkan Teknologi

Jumat, 06 September 2024 – 20:08 WIB
Wapres Ma'ruf Amin menghadiri Hub Space 2024. Foto source for JPNN

jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan sejumlah capaian pembangunan untuk mendukung konektivitas di Indonesia selama 10 tahun terakhir dalam Hub Space 2024. Kemenhub telah membangun ratusan pelabuhan, puluhan bandara dan rel kereta api ganda. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, menteri perhubungan dari masa ke masa, para kepala daerah, dan pihak lainnya yang berkaitan dengan dunia transportasi.

BACA JUGA: Elektabilitas Andika-Hendi di Survei LKPI 64,8 Persen, Berpotensi Menang di Pilkada Jateng

"Pak Wapres, Hub Space merupakan kegiatan yang bertujuan menyampaikan capaian sektor transportasi dan apresiasi terhadap pihak-pihak yang berkontribusi besar terhadap kepentingan-kepentingan transportasi,” kata Budi Karya, Jumat (6/9).

Selama ini Kemenhub membangun 45 Proyek Strategis Nasional (PSN), 193 pembangunan rehabilitasi pelabuhan-pelabuhan yang di ujung Utara Indonesia, ujung Selatan, ujung Barat, Timur. Juga 91 bandara dan membangun lebih dari  25 bandara, membangun 157 terminal-terminal di seluruh Indonesia dan 80 program kereta api. 

BACA JUGA: 9 Fakta Pembunuhan Siswi SMP di Palembang, dari Cinta Bertepuk Sebelah Tangan sampai Tahlilan

“Pelayanan kereta api meningkat karena kita membangun rel ganda, membangun rel double-double trek di sekitar Jabodetabek," ucapnya.

Hal itu membuat jarak tempuh antar daerah menjadi lebih cepat. Sehingga mobilitas warga pun terbantu. Sehingga, di satu sisi Jakarta-Surabaya yang tadinya 10 jam sekarang menjadi 8 jam, Jakarta-Solo yang tadinya 8 jam sekarang 6 jam. 

BACA JUGA: Inilah Jadwal Pendaftaran PPPK 2024, Honorer Jangan Lupa Tanggalnya ya

"Ini menjadi kecenderungan masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api sebagai alternatif,” ungkapnya. 

Capaian Kemenhub tidak hanya sebatas itu saja. Dia menyebutkan, Kemenhub turut mengajak pemerintah daerah untuk bersama menghadirkan transportasi yang terjangkau, nyaman, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat.

“Pemerintah konsisten membangun Kapal Perintis di Indonesia bagian Timur. Membangun Kapal Tol laut, membangun Kapal Ternak, membangun jembatan udara untuk ketinggian baik di Papua, Sulawesi, maupun di Kalimantan maupun Sumatera,” jelasnya.

Menurutnya, capaian yang telah dilakukan oleh Kemenhub sejalan dengan visi misi Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden  RI Ma’ruf Amin dalam mewujudkan Indonesia sentris.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan gelaran Hub Space mencerminkan komitmen yang kuat untuk menghadirkan sistem transportasi yang efisien, modern, inklusif, dan terintegrasi. Pemerintah daerah bertanggung jawab mulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga pengendalian kemacetan. 

"Menghadapi ragam tantangan di sektor transportasi yang makin kompleks tersebut, pemerintah melakukan berbagai upaya penting untuk memajukan transportasi dan konektivitas di Indonesia,” kata Ma’ruf.

Dia pun berpesan agar moda transportasi bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Di samping menerapkan penggunaan teknologi agar moda transportasi bisa lebih efisien dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Transportasi publik harus menjangkau seluruh lapisan masyarakat dengan tarif yang sesuai. Penggunaan aplikasi digital dalam sistem transportasi cerdas harus semakin diperluas, dan perencanaan transportasi masa depan harus memperhitungkan dampak terhadap lingkungan yang ditimbulkan," tutupnya. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler