Warga Binaan Terpilih dari Lapas Ikut Bagi Takjil Gratis di Jalan

Sabtu, 01 Juni 2019 – 23:42 WIB
Pembagian takjil gratis para pegawai lapas bersama warga binaan di jalan. Foto : Ist

jpnn.com, JAKARTA - Selama Ramadan, saat sore menjelang maghrib tampak kegiatan baru rutin muncul di Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Puluhan orang berseragam membagikan paket takjil kepada para pengendara yang lewat.

BACA JUGA: Ramadan, Penghuni Lapas Diperbolehkan Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Mereka adalah para petugas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) yang meneruskan tradisi tahunan menghormati para pelaku puasa yang tengah dalam perjalanan.

Orang-orang berseragam dominan biru muda dan sementara lainnya putih itu, tampak menyapa satu per satu pengendara yang lewat dengan sapaan kecil dan singkat.

BACA JUGA: HMI Dukung Polri Usut Dalang Kerusuhan 21 – 22 Mei

Dengan cekatan paket pembuka puasa atau ifthar itu segera berpindah tangan, manakala para pengendara mau menerima.

Hanya satu dua yang menolak, itu pun tampaknya karena mereka telah punya persiapan minuman atau makanan kecil pembuka dan memberi kesempatan paket itu diterima sesama pengendara lain yang luput mempersiapkan diri.

BACA JUGA: Honorer K2 Surabaya Bagi-Bagi Takjil di Dekat Rumah Dinas Wali Kota

Selama itu, tak terhitung ucapan terima kasih berbalasan di antara para petugas Ditjen PAS dengan pengendara, menenangkan hati siapa pun yang mendengarnya.

“Kami melihat banyak pengendara yang lupa mempersiapkan makanan dan minuman pembuka puasa,” kata Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami, saat memonitor kegiatan tersebut.

“Artinya, itu juga kesempatan buat kami untuk berbagi," tambahnya.

Menurut Utami, kegiatan itu dilaksanakan rutin setiap tahun di bulan Ramadhn. “Dan bukan hanya di sini, tetapi banyak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di berbagai daerah yang juga melakukannya," lanjut Utami.

Utami tak menepis pandangan bahwa kegiatan itu pun dimaksudkan agar masyarakat lebih mengenal lembaga yang dipimpinnya, yakni Pemasyarakatan.

“Ini memang antara lain untuk menjalin silaturahmi kami dengan masyarakat,” tegasnya. “Dengan begitu, tak hanya silaturahmi yang terjalin baik yang kami harap, tetapi juga memupuk energi di kami sendiri untuk senantiasa membangun kinerja Pemasyarakatan yang lebih baik," sambungnya.

Pernyataan Utami tentang kegiatan bagi-bagi takjil itu benar adanya. Di Garut, Jawa Barat, kegiatan bagi-bagi takjil dilakukan di jalan raya depan Lapas Garut, pekan lalu.

Tak kurang dari 200 paket takjil tersebar dan dinikmati para pengendara yang lewat. Tak hanya itu, 100 paket lengkap berbuka puasa juga dikirimkan ke Yayasan Panti Asuhan Diniyyah Darul Falah dan Darul Sofwah, di Karangpawitan, Garut.

Menurut Kepala Lapas Garut Ramdani Boy, kegiatan itu dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa solidaritas antarsesama bagi pegawai Lapas Garut, sekaligus mencari keberkahan di bulan Ramadhan.

Di Bogor, Lapas Kelas IIA Cibinong bahkan tak jarang melibatkan tak hanya petugas, melainkan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP, dulu dikenal dengan sebutan Napi) dalam acara tersebut.

Tahun lalu, misalnya, para petugas dan WBP yang tengah menjalani masa asimilasi itu terlibat aktif dalam acara yang digelar di Simpang Cibinong City Mall (CCM).

Saat itu tak kurang 750 paket takjil habis dibagikan kepada para pengguna jalan yang melintasi Simpang CCM.

"Kami ingin pada saatnya keluar lapas, hidup dan kehidupan WBP pun pulih. Itu akan memudahkan mereka memulihkan rasa percaya diri untuk secepatnya dapat diterima dan beradaptasi kembali di lingkungan masyarakat,” kata Kalapas Cibinong Anak Agung Gde Krisna.

Pada acara tersebut dipilih 10 orang WBP untuk berpartisipasi. Mereka adalah WBP yang sudah melewati setengah masa hukuman pidana, dan telah memasuki masa asimilasi menjelang keluar Lapas. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 33 Warga Binaan Difasilitasi Raih Gelar Sarjana Hukum


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler