Warga Jabar Harus Punya Identitas Lewat Gerakan Budaya

Senin, 14 Mei 2018 – 14:51 WIB
Ridwan Kamil. Foto Instagram

jpnn.com, KARAWANG - Karawang memiliki Kampung Budaya, sayangnya masih tidak termanfaatkan dengan baik. Bahkan, ada 76 sarjana seni di Karawang.

Mengetahui potensi itu, kandidat Gubernur Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil menyatakan siap membangun infrastruktur kesenian dan kebudayaan di Karawang.

BACA JUGA: Rindu Targetkan Dapat Dukungan 51 Persen di Karawang

Untuk memelihara kebudayaan bisa dilakukan dengan menggelar festival budaya. Untuk infrastrukturnya dibuat padepokan seni dan budaya.

"Saya akan bantu fasilitasi dan buat festival itu menjadi daya tarik wisatawan," ujar walikota terbaik 2017 versi Kemendagri ini.

BACA JUGA: Warga Karawang Curhat Soal Pengangguran

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini pun siap merenovasi situs sejarah di Karawang, seperti Tugu Proklamasi di Rengasdengklok.

"Saya sebagai pecinta sejarah, tanpa diminta pun Insha Alllah akan membawa perubahan (untuk tugu Proklamasi). Lima tahun jadi walikota, saya satu-satunya yang merenovasi penjara Bung Karno di Banceuy. Sekarang tempat itu menjadi sangat istimewa," tuturnya.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Beri Solusi Pengentasan Gizi Buruk di Jabar

Menurut dia, kehadiran fasilitas seni, budaya, dan situs sejarah merupakan hal penting untuk menegaskan identitas Karawang.

"Warga Karawang tidak boleh kehilangan identitasnya di mata dunia," pesannya.

Menjawab masalah pendidikan budaya, Kang Emil akan membangunnya melalui berbagai gerakan budaya di masyarakat. Contohnya, di Bandung, dia bangun gerakan Rebo Nyunda, di mana pada hari itu, anak sekolah dan pegawai wajib mengenakan pakaian daerah dan yang prianya mengenakan iket dab pakaian pangsi, pakaian khas masyarakat Sunda.

"Budaya adalah soal cara pandang. Pendidikan budaya bisa juga dibuat gerakan. Ketika pemimpinnya mengajak gerakan budaya, dan itu dianggap baik, maka semua lapisan masyarakat akab mendukungnya," ucap Kang Emil.

Pria berkacamata ini juga akan mengajak hotel-hotel di Jawa Barat untuk memfasilitasi para seniman pentas di hotel.

"Saya bisa buat kebijakan agat hotel di Jabar wajib memberikan ruang bagi seniman supaya seniman punya income," tandas Kang Emil. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nelayan Minta Kang Emil Bangun Destinasi Wisata Pasar Ikan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler