Setelah menjalani lockdown tahap keempat yang ketat selama sekitar 100 hari, warga Kota Melbourne, Australia, akhirnya bisa bernafas lega. Terhitung mulai hari Senin (19/10/2020), sejumlah pembatasan telah dilonggarkan.

Salah satunya, bisnis salon dan tukang cukur kini diperbolehkan untuk beriberoperasi kembali dan laporan awal hari ini menyebutkan banyak warga yang telah memesan tempat untuk memotong rambut.

BACA JUGA: Jokowi Khawatir Libur Panjang Oktober Jadi Titik Penyebaran Covid-19

Berikut ini beberapa perubahan utama dari pelonggaran pembatasan tersebut: Kebebasan bepergian

Pembatasan radius 5 km kini diperluas menjadi radius 25 km bagi warga Melbourne untuk bepergian tanpa mengalami pemeriksaan atau pertanyaan dari petugas di lapangan.

BACA JUGA: Kasus Positif COVID-19 di Jember Meningkat Tajam, Apa Penyebabnya?

Namun para petugas tersebut masih akan terus menjaga setiap titik perbatasan antara metropolitan Melbourne dengan wilayah regional di sekitarnya. Warga dari kota tetap dilarang masuk ke pedalaman tanpa alasan yang jelas. Berolahraga atau jalan kaki

Kini warga sudah diperbolehkan melakukan aktivitas olahraga atau jalan kaki di luar rumah tanpa pembatasan waktu 2 jam.

BACA JUGA: Waduh, Dua Menteri Luar Negeri Terjangkiti COVID-19 di Acara yang Sama

Warga boleh melakukan aktivitas ini kapan saja, namun tetap harus dalam batas radius 25 km dari tempat tinggal atau tempat kerjanya. Photo: Mulai hari ini pembatasan kegiatan jalan kaki dan berolahraga selama dua jam di luar rumah telah dihapuskan. (ABC News: Darryl Torpy)

 

Fasilitas olahraga luar ruangan seperti lapangan tenis, skate park, dan lapangan golf, sudah boleh beroperasi kembali. Namun fasilitas umum di tempat tersebut, seperti toilet atau ruangan club house, tetap dilarang untuk digunakan.

Kolam renang luar ruangan juga sudah boleh digunakan kembali, maksimal 30 orang. Sedangkan kolam indoor hanya boleh digunakan untuk sesi terapi oleh satu orang bersama satu pelatih. Bertemu orang lain

Aturan baru ini membolehkan warga untuk bertemu orang lain di luar rumah, termasuk untuk piknik di taman atau sekadar kangen-kangenan di tempat umum.

Namun dibatasi hanya boleh dilakukan oleh dua rumah tangga dan maksimal 10 orang untuk sekali pertemuan. Hospitality

Selain tukang cukur, kegiatan lelang dan inspeksi juga sudah boleh beroperasi kembali. Namun jumlah pesertanya dibatasi maksimal 10 orang.

Pelayanan hewan piaraan sudah boleh dilakukan secara mobile. Begitu pula dengan usaha fotografi dan cuci mobil dengan metode cuci sendiri. Photo: Operasional bisnis hospitality seperti cafe dan restoran masih dibatasi hanya untuk pelanggan take away hingga awal November 2020. (ABC News: John Graham)

  Perbaikan rumah

Warga Melbourne kini diperbolehkan melakukan perbaikan bagian luar rumahnya termasuk renovasi, pengecatan, pemasangan perangkat listrik tenaga surya. Namun jumlah pekerjanya dibatasi maksimal lima orang.

Petugas kebersihan kolam renang juga sudah boleh datang ke rumah warga yang memiliki kolam renang.

Warga metropolitan yang memiliki rumah di wilayah pedalaman dan mendapat peringatan untuk mempersiapkan diri menghadapi kebakaran atau banjir, kini diperbolehkan masuk ke wilayah tersebut untuk mempersiapkan rumahnya.

"Aturan yang berlaku di Melbourne, tetap berlaku bagi mereka yang pergi ke wilayah regional," kata Menteri Utama negara bagian Victoria Daniel Andrews.

"Kemudahan ini bukan alasan bagi mereka untuk menghabiskan beberapa hari di pedalaman dan untuk pindah dan tinggal di sana," katanya. Langkah berikutnya

Premier Andrews mengatakan warga Victoria tak perlu menunggu lebih lama November untuk penerapan langkah lebih lanjut terkait pelonggaran lockdown.

Sebab terhitung mulai 1 November, perubahan utama lainya akan diberlakukan.

Bahkan, bila jumlah kasus CIVID-19 tetap rendah seperti saat ini, serta kasus misterius yang tak diketahui kontak penularannya tetap terkendali, maka perubahan tersebut akan diterapkan lebih awal.

"Bila kita semua tetap mengikuti aturan, bila kita ingin menikmati kebebasan yang aman dari COVID, maka ada kemungkinan kita bisa memajukan deadline 1 November itu beberapa sebelumnya," jelas Premier Andrews. Photo: Pertokoan dijadwalkan akan buka mulai 1 November setelah lockdown di Melbourne lebih dilonggarkan lagi. (ABC News: John Graham)

 

Berikut ini beberapa perubahan yang berlaku mulai 1 November: Empat alasan untuk meinggalkan rumah tak berlaku lagi, warga boleh keluar rumah kapan saja Boleh menerima tamu dari satu keluarga setiap hari. Tak boleh lebih dari itu. Semua toko retail boleh beroperas kembali Cafe dan restoran sudah boleh melayani pelanggan di dalam ruangan maksimal 20 orang dan di luar ruangan maksimal 50 orang Bisnis salon kecantikan sudah boleh beroperasi kembali Kegiatan olahraga luar ruang bagi kelompok usia remaja dan anak-anak, namun bagi kelompok dewasa hanya boleh olahraga tanpa kontak Kegiatan keagamaan di luar ruangan boleh dilakukan maksimal 20 orang Acara pernikahan maksimal 10 orang dan kegiatan pemakaman maksimal 20 orang Kegiatan hiburan luar ruangan maksimal 50 orang atau 25 persen dari kapastias tempat duduk Kegiatan kelas fitness dengan maksimal 10 peserta boleh dilakukan di luar ruangan Photo: Negara bagian Victoria dengan ibukotanya Melbourne dinilai siap memasuki musim panas dengan aman di tengah pandemi virus corona. (ABC News: John Graham)

 

 

Diproduksi oleh Farid M. Ibrahim dari berbagai sumber. Ikuti berita lainnya dari Australia di ABC Indonesia..

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Syarat Bahasa Inggris untuk Visa Pasangan Warga Australia Dikhawatirkan Picu Diskriminasi

Berita Terkait