Warga Minta Jokowi Perbanyak Fly Over

Senin, 28 Januari 2013 – 01:01 WIB
GUBERNUR DKI Joko Widodo mendapat dukungan masyarakat untuk memperbanyak pembangunan jalan di atas atau jalan layang (fly over) sebagai solusi kemacetan parah di Ibu Kota.  Dukungan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (KATAR), Sugiyanto.

Menurutnya, Jokowi harus segera mempertimbangkan jalan layang untuk mengantisipasi jika jalanan terendam banjir seperti pekan lalu. "Saya pikir sudah mendesak untuk segera dibuat jalan layang, dengan kondisi Jakarta di tengah kemacetan dan banjir yang selalu menjadi momok menakutkan bagi warga," kata Sugiyanto kepada wartawan, Minggu (27/1).

Jalan layang, lanjut Sugiyanto, selain bisa mengurai kemacetan yang setiap hari terjadi juga bisa menjadi jalan utama ketika jalan di bawahnya terendam air. "Dengan adanya jalan layang ini, tentu permasalahan itu terurai," tegasnya.

Apakah APBD DKI mampu untuk membuat proyek mahal itu? Sugiyanto mengatakan, Pemprov bisa menggandeng pihak swasta. "Jika memang APBD tidak bisa mengcover itu, bisa menggandeng pihak swasta, atau dengan alternatif bisa jalan layang berbayar, alias tol," tandasnya.

Sebelumnya hal yang sama dikatakan oleh pengamat perkotaan, Adilsyah Lubis. Menurutnya, jalan layang merupakan sebuah kebutuhan mendesak bagi warga Jakarta.

Dia pun meminta agar pada 2013 ini Gubernur Jokowi segera memikirkan penambahan fly over. Sarana jalan yang sudah ada dan  menjadi alternatif sarana jalan  seperti jalan layang Tanah Abang-Kampung Melayu dan Blok M-Antasari. (pes/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komando Posko Banjir Membingungkan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler